Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image VENESA FILDA AGNESIA

Lonjakan kasus Covid-19 di Singapura, Pentingnya vaksinasi Booster untuk Indonesia

Eduaksi | Friday, 24 May 2024, 23:37 WIB

Pemerintah Singapura mencatat sejak awal bulan Mei tahun ini terdapat lonjakan kasus covid-19 secara drastis. Meskipun terdapat lonjakan, pemerintah Singapura belum melakukan pembatasan. Kementerian Kesehatan Singapura menduga gelombang penyebaran Covid-19 masih akan terus meningkat dan diperkirakan akan mencapai puncak pada 2 hingga 3 pekan kedepan. Diperkirakan lonjakan kasus ini disebabkan oleh varian baru Covid-19 yang lebih menular, yaitu KP. Varian ini terdeteksi di Singapura dan negara-negara tentangga seperti Malaysia, Thailand, dan Kamboja. Menurut Kementerian Kesehatan Singapura (MOH), perkiraan jumlah infeksi Covid-19 pada minggu tanggal 5 hingga 11 Mei 2024 naik menjadi 25.900, angka ini hampir dua kali lipat dibandingkan minggu sebelumnya (13.700 kasus).

Langkah Antisipasi Pemerintah Indonesia

Negara Indonesia perlu mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 di Singapura karena letak geografis yang berdekatan dan tingginya mobilitas penduduk antara kedua negara. Situasi ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa Covid-19 masih menjadi ancaman yang nyata. Mencegah lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia memerlukan kesadaran dan peran aktif dari masyarakat. Disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M dan menjaga imunitas tubuh.

Peran Penting Vaksinasi Booster

Di tengah lonjakan kasus di Singapura, vaksinasi booster menjadi sorotan penting. Vaksinasi booster terbukti efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap Covid-19, khususnya dalam mencegah gejala berat dan kematian. Kelompok prioritas untuk mendapatkan vaksinasi booster saat ini adalah lansia dan individu dengan komorbid (penyakit penyerta).

Efektivitas Booster dalam Mencegah Keparahan

Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah lembaga kesehatan terkemuka menunjukkan bahwa vaksinasi booster efektif dalam meningkatkan antibodi dan memperkuat imunitas tubuh terhadap Covid-19. Booster terbukti dapat menurukan risiko rawat inap dan kematian akibat Covid-19 secara signifikasn terutama pada kelompok rentan.

Menjaga Kesehatan Diri

Dengan mengonsumsi makanan yang berizi seimbang yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Istirahat yang cukup, dan kelola stess dengan baik untuk menjaga kesehatan mental. Rutin berolahraga dan lakukan aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image