Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Irfan Maulana fikri

Novel Melangkah Karya J.S. Khairen

Pendidikan dan Literasi | 2024-05-20 23:46:48

Judul Buku: Melangkah

Penulis: J.S. Khairen

Penerbit: Gramedia widiasarna Indonesia

Tahun Terbit: 22 maret 2020

Tebal Buku: 368 Halaman

ISBN: 9786020523316

Novel Melangkah Karya J.S. Khairen

Melangkah merupakan karya yang kesebelas dengan genre fantasi aksi dari penulis dengan darah Minang, J.S Khairen. Dalam novel ini, membagikan kisah yang menarik bagi pembacanya, penulis menceritakan tentang perjalanan batin dan emosional. Cerita ini berpusat di Sumba dan menceritakan tentang empat sahabat yang berjuang untuk menghadapi kekuatan jahat yang mengancam Nusantara. Selama itu, mereka berpartisipasi dalam berbagai aksi dan petualangan yang menghibur, seperti pencak silat dan melawan pasukan berkuda yang memiliki kekuatan listrik. Selain itu, novel ini menggabungkan elemen dari budaya, tradisi, dan kebiasaan Sumba, dan memasukkan komentar sosial dan politik.

Melangkah akan membawa pembaca ke pulau Sumba, yang terletak di Nusa Tenggara Timur, Indonesia paling timur. Sumba terkenal dengan keindahan alamnya dan destinasi wisatanya yang menakjubkan, termasuk tanah Marapu. Pulau yang satu ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi dan terkenal sebagai penghasil kain tenun. Namun sayangnya, sangat sedikit orang yang mengetahui tentang hal ini.

Ketika membaca novel Melangkah, pembaca akan bertemu dengan beberapa karakter utama. Ada 4 karakter utama dalam novel ini, keempatnya adalah mahasiswa ekonomi dengan karakter unik, karena keempatnya jago bela diri yaitu silat.

Keempat mahasiswa tersebut bernama Arif, Siti, Ocha, dan Aura. Siti merupakan anak yang sangat berbakat dalam pencak silat bahkan berhasil meraih 37 medali. Arif saat ini merupakan juara kedua Silat dan digambarkan sebagai sosok pemberani. Kini, Ocha adalah orang yang pandai dalam bidang ekonomi dan diam-diam pandai dalam ilmu bela diri.

Setelah itu keempatnya merencanakan petualangan dan liburan di pulau asal Aura, Sumba. Awalnya berencana pergi ke Pulau Sumba, mereka berempat malah menemui hal-hal aneh yang terus bermunculan silih berganti. Kejadian aneh tersebut antara lain tragedi, pemadaman listrik, dan beberapa kejadian misterius yang mereka alami di dalam pesawat saat berlibur di Sumba.

Tokoh utama dalam novel Melangkah ini adalah Aura. Seorang anak dari raja Sumba bertanggung jawab atas pesan arwah dari sang nenek moyang .Aura dan rekan-rekannya berusaha untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada. Dengan tekad penuh sebagai seorang perempuan Sumba, pengetahuan ekonomi, dan keahlian pencak silat,

Dalam bab-bab awal novel Melangkah, JS Khairen mampu membuat pembaca bersemangat dan penasaran dengan apa yang akan terjadi di akhir. Setiap adegan aksi digambarkan dengan baik sehingga para pembaca tegang ketika tokoh-tokoh menunjukkan kemampuan pencak silat mereka dan menyerang para penjahat.

Buku novel ini tidak hanya membahas tentang persahabatan remaja dan kisah aksi klasik, tetapi juga memiliki aspek unik yang membuat novel ini mendapat rating tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image