Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image arinta ferinda

Peran Smart Factory Era Industry 4.0 dalam Sistem Produksi

Teknologi | Sunday, 05 May 2024, 21:17 WIB
Smart Factory, Solusi Perusahaan Industri 4.0 Hadapi Tantangan Industri Masa Depan

Smart Factory adalah konsep yang menggabungkan teknologi dan kecerdasan buatan untuk menciptakan pabrik yang efisien, otomatis, dan terhubung secara digital yang terus-menerus mengumpulkan dan berbagi data melalui mesin, perangkat dan sistem produksi yang terhubung. Selain itu, smart factory juga berfokus pada respons real-time dalam menghasilkan data-data pada pabrik dengan mengedepankan full automation dan optimization.

Dalam mewujudkan hasil produksi yang optimal, diperlukan peranan teknologi untuk menunjang keberhasilan operasional suatu perusahaan. Dalam memproduksi suatu barang, terdapat proses produksi sampai menjadi barang jadi, memiliki kualitas yang baik dan siap dipasarkan. Ukuran utama yang digunakan untuk mengukur kinerja dari manajemen produksi adalah produktivitas karena kegiatan produksi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penciptaan/ pembuatan barang, jasa atau kombinasinya, melalui proses transformasi dari masukan sumber daya produksi menjadi barang atau jasa yang diinginkan (Marselina dan Rokamah. 2022).

Indutri 4.0 untuk Smart Factory pada Sistem Produksi

Dalam Industri 4.0 ada lima pilar yang diukur, yaitu: manajemen dan organisasi (management and organization), orang dan budaya (people and culture), produk dan layanan (product and services), teknologi (technology), dan operasi pabrik (factory operation). Konsep awal dari Industri 4.0 adalah adanya sebuah sistem produksi saling terhubung sehingga bisa saling berkomunikasi. Sehingga proses produksi bisa berjalan secara fleksibel, optimal, efektif dan efisien atau sering juga disebut dengan Smart factory. Solusi khusus ini bisa di satu sisi terkait dengan otomatisasi, dipahami sebagai kombinasi perangkat lunak, perangkat keras dan/atau mekanik, yang seharusnya mengarah pada optimalisasi manufaktur yang menghasilkan pengurangan tenaga kerja yang tidak perlu dan pemborosan sumber daya. (Hozdié Elvis. 2015).

Smart Factory Era Industry 4.0 meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kualitas produk. Teknologi canggih seperti otomasi, robotika, IoT, big data, analitik, dan kecerdasan buatan memainkan peran sentral dalam sistem produksi. Penggunaan teknologi dalam sektor manufaktur di Indonesia juga membawa dampak signifikan dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kualitas produk. Oleh karena itu, perusahaan harus mengadopsi dan berinovasi dalam penerapan pabrik pintar guna tetap bersaing dalam pasar yang kompetitif.

Peran Smart Manufacturing dalam Mendukung Smart Factory

Smart Manufacturing memainkan peran penting dalam mendukung Smart Factory dengan memberikan landasan bagi integrasi teknologi canggih yang memungkinkan pemantauan waktu nyata, pengambilan keputusan berdasarkan data, dan proses produksi otonom. Smart Manufacturing memungkinkan terciptanya Smart Factory dengan pendekatan berbasis teknologi yang memanfaatkan mesin yang terhubung ke Internet dan pendekatan perangkat keras baru untuk memantau proses produksi, meningkatkan fleksibilitas, dan mendukung pekerja dalam rutinitas harian mereka menggunakan cara baru interaksi manusia-komputer. Integrasi Smart Manufacturing dengan teknologi Smart Factory seperti penggunaan sensor IoT, otomatisasi, kecerdasan buatan, pencetakan 3D, dan manufaktur aditif semakin meningkatkan kemampuan Smart Factory. (Nugrowibowo, dkk. 2023).

DATA PUSTAKA

Hozdić, E. (2015). Smart Factory For Industry 4.0: A Review. Journal of Modern Manufacturing Technologies, 7(1), 31-32.

Marselina, E., dan Ridho, R. (2022). Manajemen Produksi Home Industry Keripik Galih Kurnia Usaha Desa Bubakan Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Journal of Economics and Business Research, 2(1), 107.

Nugrowibowo, E, dkk. (2023). Smart Manufacturing: Latest Technologies And Applications In Industrial Engineering. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 308-309.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image