Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Perasaan Ini Lebih Penting daripada Kebahagiaan

Humaniora | Saturday, 04 May 2024, 19:55 WIB
Sumber gambar: Vunela

Mengapa kebahagiaan mungkin bukan ukuran terbaik untuk mengukur seberapa bahagia Anda dalam hidup.

Mengejar kebahagiaan sudah menjadi keharusan. Meskipun kita diberitahu bahwa kebahagiaan itu sulit dipahami, bahwa kita sangat buruk dalam memprediksi apa yang akan membuat kita bahagia di masa depan, dan bahwa kita melebih-lebihkan betapa bahagianya kita di masa lalu, kebahagiaan tetap menjadi prioritas utama dan hal yang paling umum. metode yang digunakan orang untuk menilai kualitas hidup mereka.

Namun ada perasaan yang lebih penting daripada kebahagiaan. Perasaan ini mungkin merupakan ukuran kualitas hidup Anda yang lebih baik daripada pengalaman kebahagiaan emosional yang bersifat sementara dan sementara: kepuasan hidup.

Kepuasan hidup adalah evaluasi kognitif dan global terhadap kualitas hidup Anda. Ini adalah ukuran kesejahteraan yang lebih kuat, karena tidak terlalu terpengaruh oleh fluktuasi suasana hati. Kepuasan hidup dikaitkan dengan kesehatan fisik yang lebih baik, kinerja yang lebih tinggi, dan hubungan sosial yang lebih kuat. Seberapa puas Anda dengan hidup Anda penting untuk kesejahteraan Anda, lebih mudah dijawab daripada seberapa bahagia Anda, dan merupakan pendekatan yang lebih bermakna untuk mengevaluasi kualitas hidup Anda.

Penilaian berkala terhadap kepuasan hidup Anda memberi Anda cermin di mana Anda dapat merefleksikan pencapaian, keinginan, dan kebutuhan Anda yang belum terpenuhi sekaligus. Ini memberikan gambaran global tentang kemajuan hidup Anda sehubungan dengan harapan Anda sendiri, dan ini menjadi titik awal yang baik untuk mulai mengeksplorasi secara lebih mendalam apa yang berkontribusi terhadap kualitas hidup Anda dan apa yang merugi darinya.

Penelitian tentang kepuasan hidup mengungkapkan bahwa seberapa puas Anda dengan hidup Anda dipengaruhi oleh dua faktor penting—kepribadian Anda dan kepuasan Anda pada area tertentu dalam hidup Anda.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan tipe kepribadian yang berbeda melaporkan tingkat kepuasan hidup yang berbeda. Tipe ekstrovert melaporkan kepuasan hidup yang lebih tinggi, sedangkan orang yang memiliki tingkat negatif yang tinggi melaporkan kepuasan yang lebih rendah. Namun, kepribadian saja tidak menjelaskan keseluruhan cerita. Jangan lupa bahwa cara kita mengukur kepribadian saat ini bergantung pada penilaian diri Anda terhadap perasaan, pemikiran, dan reaksi Anda dalam situasi tertentu. Akibatnya, jika Anda cenderung memandang diri sendiri dan dunia secara negatif pada tes kepribadian, kemungkinan besar Anda akan mempertahankan pandangan negatif yang sama ketika memikirkan kehidupan Anda secara keseluruhan.

Faktor kedua jauh lebih berpengaruh dan lebih masuk akal. Kepuasan hidup Anda secara keseluruhan sebagian besar ditentukan oleh kepuasan Anda dalam bidang tertentu dalam hidup Anda. Peringkat kepuasan khusus domain ini secara kolektif memengaruhi kepuasan total Anda terhadap hidup—dan akibatnya, kualitas hidup Anda. Namun ada peringatan: Yang paling penting bagi kepuasan hidup Anda secara keseluruhan adalah seberapa puas Anda dalam bidang-bidang kehidupan yang Anda anggap lebih penting.

Misalnya saja dua domain berikut: kepemilikan rumah dan hubungan perkawinan. Anda mungkin melakukannya dengan sangat baik di kedua bidang ini. Anda mungkin pemilik rumah dan bahkan tidak memiliki hipotek yang harus dilunasi. Dan pernikahan Anda mungkin juga berjalan dengan baik. Namun jika hubungan lebih penting bagi Anda daripada kepemilikan rumah, pernikahan bahagia Anda berkontribusi lebih besar terhadap kepuasan hidup Anda dibandingkan memiliki rumah. Selama Anda bersama orang yang Anda cintai, Anda akan bahagia dalam segala jenis kehidupan (tentu saja dengan alasan).

Sebaliknya, jika kepemilikan rumah lebih penting bagi Anda, betapapun Anda mencintai orang yang Anda nikahi, Anda akan merasa ada sesuatu yang hilang dalam hidup Anda jika Anda masih tinggal di rumah kontrakan. Ketidakpuasan Anda terhadap kepemilikan rumah akan berdampak negatif pada kepuasan hidup Anda secara keseluruhan. Kualitas hidup Anda bergantung pada apa yang penting bagi Anda.

Cara lain untuk melihat temuan ini adalah bahwa kepuasan hidup Anda bergantung pada seberapa banyak kemajuan yang Anda capai dalam tujuan hidup terpenting Anda di bidang tertentu, seperti karier, keluarga, kehidupan sosial, keuangan, kesehatan fisik, dan sebagainya. pada. Ketika Anda merasa bahwa kebutuhan Anda dalam setiap bidang kehidupan yang spesifik dan penting terpenuhi, Anda akan merasa lebih baik tentang hidup Anda secara keseluruhan.

Apa yang menjadikan kepuasan hidup sebagai ukuran yang baik untuk menilai kualitas hidup Anda adalah bahwa penilaian Anda sepenuhnya subjektif. Hal ini didasarkan pada standar dan ekspektasi Anda sendiri, bukan norma sosial dan ekspektasi yang ditetapkan oleh orang lain. Anda mungkin merasa sangat puas di tempat kerja dan tidak terlalu peduli dengan promosi, meskipun faktanya seseorang dengan senioritas dan kualifikasi Anda mungkin berada pada posisi yang jauh lebih tinggi. Untuk merasa nyaman dengan hidup Anda, Anda mungkin tidak memerlukan promosi, Anda mungkin tidak memerlukan saldo 7 digit di rekening bank Anda, dan Anda mungkin tidak memerlukan nama sekolah Ivy League pada gelar Anda.

Alasan lain mengapa menilai kepuasan hidup merupakan cara yang baik untuk menilai kualitas hidup Anda adalah karena hal ini memberi Anda indeks global tentang seberapa baik perasaan Anda terhadap kehidupan yang Anda jalani. Mengukur kepuasan hidup seperti mengukur suhu tubuh. Termometer akan memberi tahu Anda apakah Anda demam atau hipotermia.

Ini tidak akan memberi tahu Anda apa yang menyebabkan disregulasi suhu, namun memotivasi Anda untuk mendinginkan atau menghangatkan diri, dan mencari tahu apa yang menyebabkan penyimpangan dari suhu normal Anda. Demikian pula, menilai kepuasan hidup memberi Anda indikator global yang baik tentang seberapa bahagia Anda dengan hidup Anda, dan kemudian memotivasi Anda untuk menemukan cara meningkatkannya dengan membuat perubahan di bidang spesifik dan penting dalam hidup Anda.

Berikut adalah ukuran cepat untuk menilai kepuasan hidup Anda. Tunjukkan seberapa setuju atau tidak setujunya pernyataan-pernyataan berikut dengan skala dari 1 (sangat tidak setuju) hingga 7 (sangat setuju) dan jumlahkan skornya. Jika skor Anda 26 atau lebih tinggi, Anda berada dalam kondisi yang baik! Jika tidak, ini mungkin kesempatan bagus untuk mencari tahu di mana letak kebocoran kepuasan hidup Anda.

· Dalam banyak hal, hidupku mendekati cita-citaku.

· Kondisi hidupku sangat baik.

· Aku puas dengan hidupku.

· Sejauh ini, aku telah mendapatkan hal-hal penting yang kuinginkan dalam hidup.

· Jika aku bisa menjalani hidupku lagi, aku hampir tidak akan mengubah apa pun.

Pernyataan ini berasal dari Satisfaction with Life Scale yang dibuat oleh Diener dan rekan-rekannya. Skala ini adalah salah satu ukuran kepuasan hidup yang paling banyak digunakan dan divalidasi dengan baik, dan merupakan titik awal yang baik untuk membantu Anda mengukur dan mengkalibrasi seberapa "bahagia" Anda dengan hidup Anda.

Kepuasan hidup adalah komponen penting dari kesejahteraan, yang pada gilirannya memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda, kemampuan Anda untuk mencapai tujuan, dan kekuatan hubungan Anda. Jadi, seberapa bahagiakah Anda dengan hidup Anda? Atau, lebih baik lagi, seberapa puaskah Anda dengan hidup Anda?

***

Solo, Sabtu, 4 Mei 2024. 7:41 pm

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image