Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Doni Hariandi - Universitas Andalas

Yukk Kenalan dengan Si Manis Annona atau Buah Nona

Info Sehat | Wednesday, 01 May 2024, 21:05 WIB
Ilustrasi Buah Annona atau Buah Nona (sumber: shutterstock.com)

Apakah ada yang suka dengan buah buah Annona atau buah nona? Buah yang satu spesies dengan buah sirsak dan srikaya ini memiliki rasa yang manis dan lezat. Buah Annona, juga dikenal sebagai Soursop, Graviola atau Mulwa yang masuk dalam kategori buah tropis dan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Buah Annona memiliki ciri khas yang mudah dikenali. Bentuknya bulat atau hati dengan kulit berduri yang hijau dan terkadang sedikit bergerigi. Dagingnya putih, lembut, dan berair dengan biji-biji kecil yang tersembunyi di dalamnya. Rasa buah ini manis dengan sentuhan asam yang menyegarkan, menjadikannya pilihan yang populer untuk dimakan segar atau diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Pohon Annona biasanya tumbuh setinggi sekitar 5-10 meter, meskipun beberapa spesies bisa lebih besar. Daunnya hijau tua, bersifat lebat, dan berbentuk oval atau bulat telur. Bunganya besar, berwarna kuning atau hijau kekuningan, dan memiliki aroma yang kuat dan manis.

Buah Annona atau buah nona mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin B6, riboflavin, niacin, thiamin, asam folat, dan mineral seperti potassium, magnesium, dan fosfor. Buah Annona atau buah nona juga mengandung serat diet, seperti pektin, yang membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Buah Annona atau buah nona telah lama dimanfaatkan oleh berbagai budaya di seluruh dunia. Dalam beberapa masyarakat di Amerika Latin, Annona dianggap sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, sementara di negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia buah annona sering dimakan segar atau dijadikan bahan dasar untuk minuman atau makanan penutup. Bahkan, dalam pengobatan tradisional, berbagai bagian dari pohon Annona juga digunakan untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan.

Buah Annona atau buah nona memiliki beragam manfaat Kesehatan diantaranya:

1. Sumber Antioksidan

Buah Annona mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti vitamin C, A, dan E, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan menjaga kesehatan sel.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi dalam buah Annona dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan seratnya yang tinggi membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menyokong Fungsi Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam buah Annona dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

5. Mengatur Tekanan Darah

Buah Annona juga diketahui dapat membantu mengontrol tekanan darah, menjadikannya bagian penting dari diet untuk kesehatan kardiovaskular yang baik.

Buah Annona atau buah nona dapat dinikmati dengan cara dimakan langsung, dijadikan jus atau smoothie, es krim atau sorbet, dan dijadikan kue atau pastry.

Buah Annona mempunyai beragam spesies dan spesies yang umum ditemui yaitu sirsak (Annona muricata), srikaya (Annona squamosa), dan nona atau mulwa (Annona reticulata).

Buah Annona atau buah nona merupakan sebuah anugerah dari alam tropis yang tidak hanya lezat tetapi juga menyediakan berbagai manfaat kesehatan dan salah satu komoditas unggulan buah tropis. Yukk, kita tambahkan buah nona ini ke dalam daftar menu makanan sehat kita sehari-hari untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image