Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Helmy Fadlurahman

BJ Habibie: Mr Crack, Ahli Pesawat Asal Indonesia Lahir di Pare-Pare

Sastra | Tuesday, 30 Apr 2024, 10:28 WIB

“Mr. Crack” merupakan julukan yang diberikan untuk eyang Habibie karena penemuannya dalam faktor Habibie pada teori keretakan atau crack progression theory. Faktor Habibie berfungsi untuk menghitung keretakan atau crack propagation theory on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Berkat penemuannya inilah eyang Habibie mendapatkan julukan “Mr. Crack”.

Cover buku ini cukup sederhana dengan warna putih sebagai latar belakang dalam cover buku ini. Dan dipadukan dengan warna hitam pada judul bukunya. Warna tersebut memberikan kesan ketegasan yang sangat contrast. Dipadukan dengan lukisan eyang Habibie dengan teknik lukisan scribble art. Yang membuat cover buku ini sangat menarik perhatian.

Andi Makmur Makka merupakan seorang penulis puisi, naskah drama, cerita pendek, sejak di sekolah menengah pertama di Parepare, Sulawesi Selatan. Lahir di Parepare pada 13 Februari 1945. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah nya di kota kelahirannya, kemudian hijrah ke Yogyakarta mengikuti jenjang pendidikan S1 pada Fakultas Sospol Universitas Gadjah Mada jurusan Hubungan Internasional, kemudian Pascasarjana (S2) pada Ohio University Athens Ohio USA. Setelah pindah ke Jakarta, ia bekerja di Harian KAMI ( Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) sebagai redaksi, menjadi redaktur pelaksana Majalah Mimbar bersama Nurcholish Madjid, Adi Sasono, Sugeng Saryadi, Fahmi Idris. Selama 20 tahun menjalani karier sebagai pegawai negeri sipil, terakhir sebagai staf ahli Menristek/Ketua BPPT bidang Informasi. Ia pensiun dari PNS ketika menjadi Pemred Harian Republika (1997- Oktober 2000).

Republika Penerbit lahir di 2002, dimulai dari sebuah divisi penerbitan buku surat kabar ternama Harian Republika, lalu menjadi perusahaan penerbitan di Juni 2003 dengan nama PT Pustaka Abdi Bangsa dan Republika Penerbit sebagai nama brand-nya. Pada 2011 hadir brand Mahaka Publishing sebagai imprint pertama Republika Penerbit untuk buku-buku umum. Setahun kemudian hadir dua imprint baru; Republika Digital Publishing untuk buku digital dan Buku Republika untuk buku kerja sama. Pada 2016 lahir imprint untuk buku anak, Alif Republika, setahun kemudian hadir Rekomika, imprint untuk buku komik.

Buku “MR. CRACK DARI PAREPARE” diterbitkan pada tahun 2018. Pertama kali dicetak pada bulan Februari tahun 2018. Kemudian kembali dicetak pada bulan Agustus tahun 2018. Dan kembali dicetak pada satu tahun kemudian Agustus tahun 2019. Cetakan terakhir pada bulan Oktober tahun 2019. Memiliki tebal buku 493 halaman. Dengan harga pulau Jawa Rp.110.000.00,-.

Dalam buku ini menceritakan perjalanan hidup seorang ahli pesawat dari Parepare yang melampaui batas teritorial dan waktu. Seorang jenius yang memulai kehidupannya di Parepare, lanjut ke Aachen lalu ke Jakarta. Dari seorang ilmuwan kemudian menjadi negarawan dan kini minandito. Buku ini diakui oleh BJ Habibie sebagai buku biografi tentang dirinya yang terlengkap, menceritakan sesuai dengan fakta, bukan rekayasa. Sejak kecil dia bermimpi besar untuk membangun Indonesia. Kecintaannya terhadap tanah air sangat lah besar. Kedudukan yang prestisius penghasilan yang besar dia tinggalkan ketika panggilan untuk membangun Indonesia datang. Keberhasilan kisah cinta Habibie bersama Ainun diceritakan kembali dalam buku ini mulai dari pertemuan di masa kecil hingga maut memisahkan.

Alur cerita yang diceritakan sangat lah menarik, menceritakan kisah BJ Habibie dengan sangat lengkap. Tidak hanya menceritakan dalam sisi prestasinya saja, buku ini juga menceritakan tentang konfliknya, naik turunnya kisah hidup BJ Habibie yang tidak selalu lurus. Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami menjadikan pembaca seolah-olah terbawa masuk ke dalam kisah hidupnya. Buku ini berisikan fakta berdasarkan riset mendalam, bukan pendapat penulis. Buku ini dilengkapi gambar yang membuat kita berimajinasi kisah beliau.

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa penceritaan yang apik, dengan sumber-sumber yang jelas pada bagian belakang buku sebagai daftar isi, juga mampu menggetarkan hati saya di akhir buku. Buku ini juga dilengkapi gambar berwarna dan tidak pada beberapa halaman. Foto-foto Habibie dan keluarga dari masih belia yang pastinya langka. Kekurangan Buku ada satu-dua kata yang salah ketik, namun tidak menurunkan ketertarikan kita untuk mendalami kisah beliau. Dalam buku ini kurang membawa emosi pembacanya, layaknya artikel berita biasa.

Buku ini sangat penulis rekomendasikan sebagai salah satu buku biografi yang wajib dibaca. Menceritakan kisah hidup tokoh yang tidak asing ditelinga kita, dengan lengkap sesuai fakta yang terjadi. Hampir disetiap penjabaran suatu peristiwa terdapat catatan kaki yang menunjukkan sumbernya, sehingga faktanya lebih bisa dipertanggungjawabkan. Ditambah dengan gaya bahasa yang menarik dan mudah dipahami membuat kita tidak bosan ketika membacanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image