Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hanuun Zora

Menganal Zoonosis: Penyakit Leptospirosis

Info Sehat | Monday, 29 Apr 2024, 14:26 WIB

Zoonosis adalah penyakit infeksi yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia dan begitu juga sebaliknya. Infeksi ini disebabkan oleh patogen, seperti bakteri, virus atau parasit.

Leptospirosis merupakan suatu penyakit zoonotik yang dapat diderita oleh manusia dan hewan yang berasal dari bakteri leptospira interrogans. Bakteri leptospira dapat masuk kedalam tubuh melalui hidung, mata, mulut, dan bahkan bisa terpapar melalui kulit yang terluka ataupun selaput lendir yang kemudian akan menyerang organ-organ penting seperti otak, jantung, hati dan ginjal.

Penularan bisa terjadi jika melakukan kontak langsung antara kulit dengan urin hewan yang terkontaminasi, lalu dengan air dan tanah yang terkontaminasi urin pembawa bakteri, dan mengonsumsi makanan yang terkontaminasi urin hewan pembawa bakteri. Beberapa hewan yang dapat menjadi sarana penyebaran bakteri ini adalah Anjing, babi, tikus, sapi dan kuda.

Gejala yang dapat dilihat apabila tejangkit penyakit ini adalah berupa tubuh menggigil, sakit kepala, batuk, demam tinggi, mata merah, bintik bintik merah pada kulit, hingga hilangnya nafsu makan. Namun gejala ini dapat semakin memburuk apabila tidak segera diobati.

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penularang leptospirosis adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan dengan baik dan benar, menjaga kesehatan dengan memperbanyak mengonsumi air dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh, menghindari kontak langsung dengan genangan air sisa hujan ataupun banir, dan melakukan vaksinasi hewan peliharaan dan ternak.

Referensi

Kemkes.go.id (2020, 2 Januari). Waspada Leptospirosis saat Banjir, Lakukan 6 Hal ini untuk Menghindarinya. Diakses pada 13 Agustus 2023, dari https://www.kemkes.go.id/article/view/20010300003/waspada-leptospirosis-saat-banjir-lakukan-6-hal-ini-untuk-menghindarinya.html

yankes.kemkes.go.id. (2022, 21 Desember). Mengenal Penyakit Leptospirosis. Diakses pada 17 Agustus 2023, dari https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1963/mengenal-penyakit-leptospirosis

kemkes.go.id. (2015, 12 Februari). Leptospirosis: Kenali dan Waspadai. Diakses pada 13 Agustus 2023, dari https://www.kemkes.go.id/article/view/15022400002/leptospirosis-kenali-dan-waspadai.html

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image