Ngaji Hikam di MWC NU Larangan

Image
musyafa ahmad
Agama | Monday, 17 Jan 2022, 09:09 WIB

Kegiatan ngaji Hikam yang diselenggarakan setiap Ahad pahing merupakan bagian tradisi NU. Ini harus kita lestarikan karena orang NU ngaji dengan Ulama atau Kyai yang punya sanad mutasil ( bersambung ). Ngaji dan musyawarah ( diskusi ) menjadi kebiasaan di Pesantren. Karena itu NU sebagai Pesantren besar maka tidak bisa dilepaskan dari ngaji kitab. Demikian disampaikan KH Athoilah Sofyan selaku Ketua MWC NU Larangan saat membuka acara pengajian Hikam di kantor MWC NU Larangan.

Menurut H Atho, pengajian seperti ini sangat penting untuk menambah pemahaman keagamaan baik tasawuf maupun Fiqih. Kebetulan disamping kitab Hikam juga dikaji kitab Hujah Ahlusunah Waljama'ah. Dengan kedua kitab tersebut diharapkan dapat menambah semangat kita menjadi warga NU. Al hamdulillah sebagian besar ranting NU di Larangan hadir dan beberapa pengurus MWC NU Larangan. Pengajian hari ini juga dihadiri oleh Direktur Aswaja Center PCNU Brebes, KH Ali Misbah dan Sekretaris MWC NU Wanasari Akhmad Sururi, imbuh alumni Lirboyo angkatan 2000.

Pengajian Hikam yang dibacakan oleh KH Mustofa Mukhtar dimulai jam 9 sampai menjelang duhur setiap Ahad pahing. Sebelumnya pengajian ini diasuh oleh Kyai Jazuli Syafa, setelah Beliau Wafat dilanjutkan oleh KH Mustofa Mukhtar dari Sitanggal.

Kalimat demi kalimat Kyai Mustofa membaca dengan makna ala pesantren.Setelah selesai satu paragraf Hikam, beliau menjelaskan dengan dengan diselingi cerita keteladanan kekasih Alloh ( Wali ).

Dalam penjelasannya Kyai Musthofa memaparkan, bermacam macam jenis amal yang dilakukan seorang hamba karena bermacam macam waridatul ahwal. Warid yang menetap pada hati seorang dan memunculkan ahwal. Kecenderungan seorang pada amal ibadah tertentu seperti puasa, sholat dan lainnya merupakan Warid Ilahi.

Usai menjelaskan dibuka beberapa pertanyaan seputar pembahasan Hikam tersebut.

Ikut menjawab beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta, Kyai Abdullah Umam Koeswoyo selaku Sekretaris LBM PCNU Brebes.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Joko Pitono henanggih Negari pundito engkang ka Eka aji Doso Purwo

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Batu Ikuti Sosialisasi Penyusunan SKP Secara Daring

Image

Cara Dapat Barang Gratis di Akulaku Tanpa Undang Teman

Image

Kejujuran Adalah Bekal Hidup Mu Nak

Image

Game Online PC Gratis Yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!!

Image

Kemenkumham Jateng Siap Diaudit BPK RI

Image

Masa Berlaku Paspor Kini 10 Tahun, Imigrasi Siapkan Juknisnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image