Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Doni Hariandi - Universitas Andalas

Keunikan dan Keistimewaan si Ratu Buah (Queen of Fruits)

Info Sehat | Thursday, 25 Apr 2024, 01:40 WIB
Buah Manggis (sumber: shutterstock.com)

Buah manggis atau yang dikenal sebagai “Queen of Fruits” memiliki banyak keunikan dan keistimewaan. Buah manggis adalah salah satu buah tropis yang kaya akan rasa dan manfaat kesehatan. Buah ini berasal dari daerah tropis Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Buah manggis merupakan buah dari pohon Manggis (Garcinia mangostana L.) sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropis yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Pohon ini tumbuh hingga mencapai ketinggian antara 7 hingga 25 meter.

Buah manggis memiliki penampilan yang menarik, dengan diameter sekitar 5-7 cm. Kulitnya keras dan unik berwarna ungu gelap yang intens dan sering kali tampak seperti "mahkota" saat dipotong. Di dalamnya terdapat 4-8 lobus yang berisi daging buah putih dan berair, serta biji-bijian yang besar. Rasa manggis sangat manis dengan sentuhan asam yang menyegarkan. Kombinasi unik ini membuatnya menjadi buah yang sangat disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Meskipun daging buahnya relatif sulit dijangkau karena kulit yang keras, rasanya yang lezat membuatnya menjadi pilihan populer di pasar buah-buahan lokal dan internasional.

Buah manggis sering kali dihubungkan dengan budaya dan tradisi di Asia Tenggara, khususnya dalam konteks pengobatan tradisional. Di banyak masyarakat di wilayah tersebut, manggis dipercaya memiliki khasiat penyembuhan dan dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran. Di Indonesia, buah manggis telah menjadi bagian integral dari berbagai ramuan obat tradisional yang digunakan untuk meredakan berbagai masalah kesehatan tertentu. Manggis juga dianggap sebagai buah yang mewah dan eksklusif, sehingga disandingkan dengan konsep keanggunan dan kemewahan.

Banyak kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah manggis diantaranya berupa vitamin C, antioksidan karena mengandung banyak xanthones gartanin, serat, dan kalium.

Manfaat kesehatan dari buah manggis yaitu:

1. Anti-inflamasi

Xanthones dalam manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

2. Antioksidan

Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan antioksidan dan seratnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam manggis dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

5. Mengatasi radang tenggorokan

Ekstrak manggis telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati radang tenggorokan dan infeksi lainnya.

Buah manggis bukan hanya lezat untuk dinikmati, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Sejak zaman kuno, buah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh. Dengan kandungan antioksidan tinggi dan sifat antiinflamasi, manggis menjadi tambahan yang berharga untuk gaya hidup aktif. Jadi, jangan ragu untuk menikmati segarnya buah manggis dan merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image