Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Komaria

Monitoring Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Publik Menuju Pelayanan Prima Melalui Magang MSIB

Pendidikan dan Literasi | Friday, 19 Apr 2024, 12:43 WIB

SURABAYA - Nurul Komaria merupakan mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi Negara dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, mendapatkan kesempatan untuk lolos dalam program Kampus Merdeka yakni Magang Studi Independen Bersertifikat Batch 6 di Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Surabaya. Nurul didampingi oleh Ibu Anggraeny Puspaningtyas, S.AP., M.AP, Selaku Dosen pembimbing yang berasal dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Selain itu, pihak Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Surabaya juga menyiapkan 1 Mentor yaitu Ibu Ulfa Meilinda Putri, S.Si. yang menjadi mentor selama proses magang.

Dalam pelaksanaannya, Bagian Organisasi memiliki proyek salah satunya adalah proyek Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP). Proyek ini mengacu kepada Pedoman Menteri PANRB Nomor 1 Tahun 2022 tentang Instrumen dan Mekanisme PEKPPP (Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik) yang menjadi tanggung jawab kepada Nurul, sehingga dia ditempatkan di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya untuk melakukan monitoring kinerja dan pelayanan publik yang ada di Lingkungan Kecamatan tersebut.

Di kegiatan magangnya, setiap minggu tugas yang diberikan Bagian Organisasi berbeda, sehingga Nurul mempunyai peran yang lebih luas dan beragam dalam menjalankan tugasnya di dalam organisasi pemerintahan. Salah satu tanggung jawabnya adalah untuk memantau dan memonitor pelayanan yang disediakan, dia juga secara aktif terlibat dalam proses evaluasi kinerja dan kelengkapan laporan dari instansi pemerintahan tersebut.

Melalui magang di Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Surabaya, Nurul memantau langsung pelayanan publik yang nantinya akan dievaluasi dengan tujuan untuk memenuhi aspek dan kriteria sehingga menciptakan pelayanan publik yang prima. Dengan demikian, perannya tidak hanya sebatas sebagai pengamat atau pengawas, tetapi juga sebagai kontributor aktif dalam memastikan bahwa kinerja dan laporan dari instansi pemerintahan sesuai dengan standar yang ditetapkan, serta dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat dan pemerintah secara keseluruhan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image