Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image wella aulia agusti

Pengaruh Inflasi Terhadap Perekonomian Suatu Negara

Kebijakan | Tuesday, 16 Apr 2024, 20:39 WIB
Sumber gambar : google

Pengaruh Inflasi Terhadap Perekonomian Negara

Inflasi merupakan suatu kenaikan yang berkelanjutan dalam harga barang dan jasa yang menyebabkan berkurangnya daya beli uang. Inflasi memiliki dampak yang cukup kompleks terhadap beberapa aspek kehidupan ekonomi. Salah satunya menyebabkan berkurangnya daya beli uang. Dengan harga dan barang dan jasa yang terus meningkat, maka uang yang dimiliki oleh individu akan memiliki nilai yang lebih rendah, sehingga masyarakat menjadi sulit dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Selain itu, inflasi juga dapat mengakibatkan ketidakpastian ekonomi. Hal ini bisa mengakibatkan pertumbuhan ekonomi jangka panjang menjadi terhambat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan inflasi, salah satunya permintaan yang melebihi penawaran. Apabila permintaan atas barang dan jasa tersebut melampaui kapasitas produksi yang ada, maka yang terjadi adalah produsen cenderung menaikkan harga untuk menyesuaikan dengan tingginya permintaan pasar.

Kenaikan biaya bahan baku, tenaga kerja, ataupun pajak juga dapat mendorong produsen untuk menaikkan harga jual produk mereka.

Untuk mengelola inflasi, pemerintah dan lembaga keuangan(bank sentral) memiliki peran yang penting. Bank sentral dapat menggunakan kebijakan moneter, seperti menaikkan suku bunga atau mengurangi pengedaran uang, untuk mengendalikan inflasi tersebut. Sementara itu, pemerintah dapat menggunakan kebijakan fiskal, seperti menaikkan pajak atau mengurangi pengeluaran negara.

Inflasi merupakan fenomena yang cukup kompleks yang memiliki dapat yang signifikan terhadap kehidupan ekonomi dalam suatu negara. Karena pengaruh Inflasi yang tinggi dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif, seperti menurunnya nilai mata uang, meningkatnya biaya pinjaman, dan mengurangi daya beli masyarakat Indonesia. Diharapkan pemerintah dan masyarakat dapat bekerjasama untuk menjaga stabilitas harga dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi secara keseluruhan dengan tujuan memajukan perekonomian yang ada di Indonesia guna kemakmuran rakyat Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image