Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

5 Cara Meningkatkan Mood Negatif yang Terus Menerus

Eduaksi | Tuesday, 16 Apr 2024, 11:08 WIB
Sumber gambar: Shutterstock

Temukan strategi untuk mendapatkan kembali semangat hidup Anda.

Poin-Poin Penting

· Penghalang untuk memperbaiki suasana hati yang terus-menerus buruk adalah ekspektasi negatif.

· Jika suasana hati kita sedang buruk, apa pun yang mengganggu kita akan cenderung terulang kembali dalam pikiran kita.

· Kesalahan berpikir mencakup rasa putus asa, mengkritik diri sendiri, atau menyalahkan orang lain atas kebuntuan kita.

Suasana hati yang terus-menerus rendah adalah ketika Anda merasa datar, negatif, mudah tersinggung, dan rendah energi serta dorongan yang berlangsung lebih dari beberapa minggu. Anda mungkin merasakan hal ini selama berbulan-bulan atau lebih. Berikut beberapa solusinya:

1. Cobalah pengobatan berbasis bukti, meskipun menurut Anda pengobatan tersebut tidak akan berhasil untuk Anda.

Penghalang untuk memperbaiki suasana hati yang terus-menerus buruk adalah ekspektasi negatif. Ini adalah gejala dan faktor yang terus berlanjut, yang berarti hal-hal tersebut berkontribusi pada penyebab masalah (suasana hati Anda yang buruk) terus berlanjut.

Harapan negatif dapat berupa keyakinan akan adanya intervensi

· bahwa pekerjaan untuk orang lain tidak akan berhasil untuk Anda, atau

· tidak mungkin untuk Anda coba atau pertahankan.

Pikiran itu licik dan cenderung menceritakan kepada kita kisah-kisah yang mendukung pemeliharaan status quo, meskipun keadaannya tidak terlalu menyenangkan.

Anda dapat melihat contoh pengobatan berbasis bukti dalam dua tabel dari Layanan Kesehatan Nasional Inggris, yang dibagi menjadi kategori depresi yang tidak terlalu parah dan lebih parah. Ini akan memberi Anda gambaran tentang beberapa pilihan yang didukung penelitian Anda.

2. Jangan terpaku pada pengobatan yang tidak ingin Anda coba.

Perenungan adalah gejala suasana hati yang buruk yang sangat umum. Jika suasana hati Anda sedang buruk, apa pun yang mengganggu Anda akan cenderung terulang kembali dalam pikiran Anda. Hal ini dapat terwujud saat Anda berpikir berulang kali tentang bagaimana dan mengapa Anda tidak ingin mencoba satu pengobatan tertentu.

Saat ini, terdapat cukup variasi perawatan yang didukung bukti sehingga Anda dapat menemukan pilihan yang menarik bagi Anda. Misalnya, ulasan terbaru ini mencakup berbagai modalitas latihan dengan baik.

Mencoba salah satu pilihan pengobatan yang sedikit membantu mungkin membuat mencoba pengobatan lain terasa lebih mungkin atau menarik, meskipun, pada awalnya, hal tersebut tampak tidak menarik atau terlalu sulit.

3. Mengatasi penyebab stres yang mendasarinya.

Akan sulit untuk membalikkan suasana hati yang buruk atau negatif jika Anda merasa hidup Anda berada di jalur yang salah karena alasan yang sah namun tidak dapat dikelola, seperti pekerjaan Anda, hubungan Anda, kesehatan Anda secara luas, atau keuangan Anda.

Jika penyebab stres yang besar berkontribusi pada suasana hati yang buruk, atasi penyebab utamanya semampu Anda.

Jangan malu ini.

Tidak semuanya dapat segera (atau selamanya) dapat diperbaiki, misalnya masalah kesehatan tertentu. Namun, Anda dapat membuat rencana untuk berada di jalur terbaik.

4. Jangan percaya pada pikiran yang membuat Anda terjebak.

Kesalahan berpikir membuat kita terjebak. Ini bisa berupa keputusasaan, kritik diri, atau menyalahkan orang lain atas kebuntuan Anda. Jangan memercayai penjelasan mental Anda tentang mengapa Anda berjuang atau mengapa hidup Anda tidak bisa membaik.

Ketika kita melakukan kesalahan dalam berpikir, pikiran kita mungkin sepenuhnya salah, atau mungkin sebagian benar tetapi terfokus pada hal-hal yang salah (hal-hal kecil, kehilangan faktor-faktor penting).

Kemungkinan besar, Anda tidak akan mengenali kesalahan Anda sebagai kesalahan. Misalnya, Anda akan berpikir bahwa kritik diri atau keputusasaan Anda memang pantas, nyata, dan/atau cerita lengkapnya.

Solusi untuk masalah ini adalah, secara umum, menangguhkan kepercayaan Anda pada pemikiran dan cerita Anda. Anda dapat berasumsi kemungkinan ada kesalahan dan kelalaian. Anda bisa mendapatkan perspektif berbeda untuk menguji pemikiran Anda.

5. Lakukan sesuatu secara berbeda.

Jika Anda merasa kewalahan dalam memilih jalan ke depan yang tepat, konsentrasilah pada melakukan sesuatu atau sesuatu yang berbeda yang kemungkinan besar akan bermanfaat.

Misalnya, alih-alih terpaku pada berbagai jenis olahraga yang bisa Anda coba, atau mungkin Anda harus bergabung dengan pusat kebugaran, lakukanlah apa yang Anda miliki untuk mencoba beberapa olahraga hari ini.

Merasa lesu, mandek, dan kesal dalam waktu lama bukanlah hal yang menyenangkan. Anda tidak pantas mendapatkannya. Cobalah saran-saran berikut untuk mengatasi kebuntuan, pemikiran negatif, dan kelesuan, serta dapatkan kembali semangat hidup Anda.

***

Solo, Selasa, 16 April 2024. 11:00 am

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image