Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yasir Arafat

Pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah

Bisnis | Monday, 15 Apr 2024, 14:53 WIB

Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) telah menjadi tulang punggung ekonomi indonesia selama bertahun tahun. UKM memiliki peran yang signifikan dalam ekonomi indonesia. UKM memiliki kontribusi besar dalam penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi lokal dan pemerataan pembangunan.UKM juga berperan penting dalam memperkuat ketahanan ekonomi dengan menumbuhkan keberagaman sektor dan meminimalkan resik ketidakstabilan ekonomi.

Meskipun memiliki potensi yang besar UKM mempunyai berbagai tantangan salah satu nya ialah akses terbatas terhadap pembiayaan karena banyak dari UKM yang mengalami kesulitan dan mendapatkan pinjaman atau modal untuk memperluas bisnis mereka atau mengatasi masalah keuangan.dan salah satunya lagi adalah Tantangan Teknologi Dan Digitalisasi banyak UKM yang masi kesulitan dan tidak memiliki akses atau pengetahuan tentang teknologi baru, yang dapat menghambat kemampuan mereka untuk meningkatkan efisien dan produktivitas

Untuk mendukung pertumbuhan UKM perlu langkah langkah yang perlu diambil,yang pertama ialah membangun sistem pembiayaan yang mudah diakses bagi UKM dan pembangunan infrastruktur dan akses pasar, yaitu dengan memberi fasilitas listrik,air bersih, dan akses transportasi.dan yang terakhir ialah diperlukannya promosi, memberikan dukungan promosi pada produk UKM, baik secara offline maupun online,untuk meningkatkan daya tarik produk mereka.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image