Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Yuli Yani

Masih Suka Overthinking? Yuk Kenali Brain Dump Sekarang juga

Eduaksi | Tuesday, 09 Apr 2024, 22:47 WIB
sumber: https://pin.it/6ooidcjNK

Sebagian orang mungkin sering melakukannya namun, tak jarang banyak orang yang belum mengetahui apa itu Brain Dump? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Temen-temen sadar gak sih kalau kadang kita kesulitan untuk melepaskan ratusan ribu jenis pikiran yang seringkali kita khawatirkan sehingga dapat menimbulkan overthinking dam kecemasan yang berlebihan. Selain itu, Overthinking dapat menganggu kondisi kesehatan tubuh loh. Menurut laman Halodoc, kebiasaan overthinking ini bisa memengaruhi kinerja otak, pencernaan, bahkan jantung. Oleh karena itu, teknik Brain Dump bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah ini.

Apa itu Brain Dump?

Brain Dump adalah proses mengeluarkan semua perasaan yang kamu rasakan melalui media. Seperti kertas, Aplikasi note, dan juga komputer ataupun tablet.

Lalu, bagaimana cara melakukan Brain Dump?

1. Tentukan media apa yang kamu inginkan, seperti melalui tulisan, aplikasi note ataupun menggambar.

2. Tulis dan ungkapkan semua pikiran yang membuatmu terbebani dan stress memikirkannya.

3. Kelompokkan tulisanmu berdasarkan kategorinya, misalnya: tugas pekerjaan, tugas, sekolah, tugas kampus, tekanan keluarga, circle pertemanan yang toxic dan lainnya.

4. Terakhir, kamu bisa tentukan hal yang menjadi prioritas untuk diselesaikan dan hal yang harus disingkirkan karena tidak semua yang kamu pikirkan itu bersifat penting.

Selain itu, kamu bisa melakukan rutinitas affirmation melalui tulisan, mencatat kebahagiaan di setiap harinya dan selalu menjaga pikiran yang sehat dan rasa bersyukur tanpa batas supaya terhindar dari kecemasan dan rasa tidak nyaman. Tidak perlu memaksakan otakmu untuk berfirkir secara berlebihan.

apa saja contoh pertanyaan untuk melakukan Brain Dump?

1. Apa saja yang memicu overthinking?

3. Apa yang sedang kamu pikirkan sekarang?

4. Hal apa yang kamu ingin prioritaskan saat ini?

6. Tulis 10 hal yang harus kamu syukuri?

7. Impian besar apa yang ingin kamu kejar sekarang?

Penulis akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi cacatan yang pernah di pakai, kamu bisa coba dan gunakan di smartphone mu, Aplikasi ini bisa di akses oleh Android maupun IOS

Berikut rekomendasi Aplikasi catatan harian untuk Brain Dump:

1. Daily Bean: aplikasi jurnal digital yang mempunyai beberapa fitur. Selain untuk menulis catatan harian, kamu juga bisa melengkapinya dengan foto dalam keseharianmu dan memanfaatkan fitur rekapan mood atau suasana hati.

2. Dayol: Aplikasi digital jurnaling yang menyajikan fitur buku catatan, reminder, dan kalender.

3. Daylio Jurnal, Aplikasi digital jurnaling yang mempunyai fitur kamera, merekam memo suara, fitur pilih suasana hati dan aktivitas yang ditampilkan aplikasi ini bisa dalam bentuk statistik, bagan ataupun grafik.

Jadi, Apakah kamu pernah menerapkan Brain Dump dalam aktivitas keseharianmu saat Overthinking melanda? Nah itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui untuk mengatasi Overthinking, Semoga bermanfaat dan membantu mengurangi tingkat Overthinkingmu yaaa
Penulis: Shabila Intan Amali, dkk.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image