Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Febriani asti ananta

Penyimpanan Dana Di Bank Syariah Untuk Mengurangi Praktik Riba

Ekonomi Syariah | Tuesday, 09 Apr 2024, 14:37 WIB

Penyimpanan dana di bank syariah merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi praktik riba. Bank syariah adalah lembaga yang bekerja berdasarkan prinsip-prinsip dalam Islam, yang salah satunya adalah prinsip haram riba. Prinsip syariah yang berlaku di bank syariah adalah aturan perjanjian berdasarkan hukum islam antara bank dan pihak yang bersangkutan untuk menyimpan dana.

Adapun cara Penyimpanan dana di bank syariah tidak menggunakan bunga, melainkan menggunakan prinsip bagi hasil. Deposito syariah, misalnya, tidak mewajibkan nasabah untuk menerima bunga, tetapi memberikan hadiah atau bonus kepada nasabah sebagai bentuk keuntungan.

Dalam proses penyimpanan nya bank syariah menggunakan berbagai jenis akad pembiayaan. Salah satu jenis akad pembiayaan yang diterapkan di bank syariah adalah akad mudharabah, akad mudharabah adalah proses dimana nasabah menjadi investor yang memiliki kewajiban untuk memberikan dana dan memiliki kewajiban untuk menjadi pemegang saham atau saham mudharabah.

Dengan demikian, Penyimpanan dana di bank syariah dapat menjadi alternatif yang baik bagi para pengguna jasa keuangan yang ingin mengurangi praktik riba. Dengan menggunakan jasa bank syariah, para pengguna dapat menjamin kewajiban dan keamanan dana mereka, sambil tetap mengikuti prinsip-prinsip syariah yang terwujud dalam setiap proses transaksi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image