Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raihan Alwi

Rahasia Sehat di Bulan Puasa: Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Berenergi

Agama | Thursday, 04 Apr 2024, 15:58 WIB

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan setiap tahunnya, khususnya umat muslim di seluruh dunia. Ramadhan juga merupakan momen istimewa bagi umat Islam untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Di balik ibadah puasa yang penuh berkah, menjaga kesehatan tubuh juga menjadi hal yang penting.

Umat muslim dituntut untuk menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam setiap harinya. ini bisa memengaruhi kondisi fisik, membuat tubuh lemas, dehidrasi, dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat selama bulan Ramadhan agar tetap bugar dan berenergi dalam menjalankan ibadah.

Dilansir dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, berikut ini adalah 5 Tips Sehat dalam Berpuasa di Bulan Ramadhan.

1. Pola Makan Sahur yang Baik

Sahur merupakan waktu penting untuk mengisi energi dan menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa serta aktivitas sehari-hari. Agar tubuh tetap bertenaga, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan yang tinggi lemak dan minyak karena dapat menyebabkan rasa kantuk dan mengganggu proses pencernaan.

2. Pola Makan Saat Berbuka

Saat berbuka, perlu diingat untuk tidak langsung mengonsumsi makanan dalam jumlah besar. Sebaiknya mulai dengan minum air putih terlebih dahulu untuk menghidrasi tubuh yang telah kekurangan cairan selama berpuasa. Setelah itu, konsumsi makanan secara bertahap dan hindari makanan yang terlalu manis atau berlemak.

3. Menjaga Pola Makan Malam

Makan malam yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti Obesitas dan Diabetes Melitus. Oleh karena itu, disarankan untuk mengatur porsi makan malam dengan seimbang. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan soda karena dapat mengganggu pola tidur dan meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

4. Aktivitas Fisik Minimal 30 Menit

Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, tetaplah menjaga aktivitas fisik minimal selama 30 menit setiap harinya. Aktivitas fisik seperti berjalan atau berolahraga ringan dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Menjaga Pola Tidur

Aktifitas beribadah di malam hari seringkali membuat kita kekurangan porsi tidur malam. untuk menjaga kesehatan tubuh dan memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan, penting untuk memperhatikan pola tidur. Hindari tidur terlalu larut malam untuk kegiatan yang tidak terlalu penting agar tubuh dapat mendapatkan istirahat yang cukup dan siap untuk menjalani aktivitas di pagi hari.

Menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan bukan hanya tentang fisik, tetapi juga mental dan spiritual. Dengan menerapkan tips-tips di atas dan menjaga pola hidup sehat, kita dapat menjalani ibadah puasa dengan penuh semangat dan optimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image