Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mega Maharany

Pentingnya Peran Uang Digital Untuk Kemudahan Masyarakat Di Era Modern

Teknologi | Thursday, 04 Apr 2024, 00:24 WIB
Sumber : Google

Uang merupakan salah satu alat tukar-menukar antara penjual dan pembeli. Uang tidak hanya tersedia dalam bentuk kertas tetapi juga dalam bentuk logam yang biasannya nilainya lebih kecil dari pada uang kertas. Dengan uang seorang individu ataupun kelompok bisa memenuhi kebutuhannya baik itu mengenai sebuah barang ataupun sebuah jasa. Perkembangan uang sebagai alat transaksi adalah bentuk perkembangan zaman saat ini, dimana saat ini uang tidak hanya dalam bentuk benda nyata secara fisik tetapi juga bisa dalam bentuk digital.

Perkembangan zaman membuat banyak inovasi mengenai alat transaksi yang bisa digunakan dengan lebih efektif dan efisien. Salah satu bentuk perkembangan dari uang ialah dengan terciptanya uang digital sebagai inovasi yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Uang digital memberikan banyak benefit kepada penggunanya apabila melakukan transaksi. Penggunaan uang digital juga memungkinkan bagi siapa saja, terlepas dari lokasi dan keadaan ekonomi pengguna.

Uang digital saat ini memiliki peran penting terhadap perubahan masyarakat dalam melakukan kegiatan transaksi. Uang digital memberikan akses yang lebih mudah dan cepat dalam melakukan transaksi. Dengan hanya menggunakan teknologi terkini seperti hp, seseorang dapat melakukan pembayaran atau transfer dana melalui satu sama lain hanya dengan hitungan detik. Hal ini juga memungkinkan seseorang melakukan kegiatan transaksi antara satu dengan yang lain di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit.

Selain itu, sistem keamanan merupakan hal penting dalam melakukan kegiatan transaksi menggunakan uang digital. Dibandingkan menggunakan uang tunai yang lebih memungkinkan untuk hilang atau dicuri, uang digital dapat disimpan dengan aman didalam akun pengguna dengan teknologi terkini dan terpecaya. Selain itu, transaksi uang digital biasanya dilengkapi oleh sistem keamanan seperti pengenalan wajah atau pin yang dibuat dan diketahui oleh pemilik akun sendiri.

Apabila terjadi transaksi yang mencurigakan, pemilik akun bisa lansung mengetahuinya melalui sistem pemantauan pada aplikasi uang digital yang digunakan, dan bisa melakukan tindakan pemblokiran akun sementara dengan cepat. Sehingga hal itu dapat diatasi dengan mudah, dan biasanya jika ini terjadi, perusahaan tersebut akan bertanggung jawab apabila terjadi hal demikian.

Namun, perlu diketahui perkembangan transaksi menggunakan uang digital merupakan sebuah tantangan baru yang harus dihadapi saat ini. Hal ini, karena tidak meratanya pengetahuan masyarakat indonesia mengenai digital, dimana mereka tidak memiliki cukup akses dan pengetahuan mengenai teknologi digital saat ini. Selain itu, penggunaan uang digital juga dikhawatirkan dapat membuat masyarakat menggunakan uangnya dengan tidak terkontrol, sehingga memungkinkan untuk mereka memiliki gaya hidup yang boros yang tentunya berdampak buruk bagi mereka yang memiliki pendapatan kecil.

Sehingga, diperlukan upaya dari pemerintah untuk memastikan bahwa masyarakatnya memiliki cukup kemampuan dalam memahami kemajuan perkembangan teknologi keuangan digital saat ini dan juga memastikan bahwa masyarakat dapat menggunakan penghasilannya sesuai dengan kebutuhan. Hal ini apabila dapat dijalankan dengan baik, tentunya akan memberikan dampak baik terhadap perubahan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui transaksi uang digital.

Maka dari itu, secara keseluruhan peran uang digital sangat penting dalam meningkatkan kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi. Dengan inovasi keuangan yang lebih cepat, uang digital memberikan manfaat dan keuntungan bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan. perkembangan uang digital juga dapat memberikan manfaat bagi negara karena, masyarakatnya mau ikut serta dalam memajukan sistem teknologi yang maju dinegaranya. Sehingga, memberikan pendapatan tambahan bagi negara dan juga meningkatkan kualitas negara itu sendiri, dalam membangun fasilitas perkembangan teknologi keuangan lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image