Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mohammad Khairul Akmalil Qirom Akmal

Strategi Pertahanan Atas Laut Natuna Sudah Sesuai dengan Prinsip Tri Gatra Pada Ketahanan Nasional

Edukasi | Wednesday, 03 Apr 2024, 09:26 WIB

Ketahanan nasional adalah salah satu aspek penunjang suatu negara. Ketahanan nasional memiliki banyak pengertian. Secara bahasa diambil dari dua suku kata, yakni; tahan dan nasional. Tahan memiliki makna kekuatan, tidak mudah digoncangkan. Sedangkan nasional, memiliki makna suatu kawasan. Jika kita gabungkan dari definisi tersebut maka, ketahanan nasional adalah mampu, kuat, dan tangguh dari sebuah bangsa ketika dihadapkan guncangan dari internal maupun external.

Ketahan nasional juga memiliki beberapa prinsip didalamnya. Tri Gatra merupakan salah satu prinsip-prinsip dalam ketahanan nasional. Ada tiga prinsip didalam Tri Gatra, yakni; letak dan kedudukan geografis, kekayaan alam, dan keadaan serta kemampuan penduduk. Letak Geografis negara Indonesia sangat menguntungkan, karena kita dilalui oleh garis Katulistiwa. Banyaknya biota laut maupun darat sangat beragam. Sehingga membuat negara tetangga iri dengan hasil sumber daya alam yang dimiliki oleh negara Indonesia

Jika dihadapkan dengan kasus kelautan Natuna, letak dan kedudukan geografis kelautan Natuna sudah sesuai dengan ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) dimana batas suatu negara diukur dari dasar garis pantai sampai sejauh 200 mil. Akan tetapi, laut cina selatan terdapat tiga negara yang saling tumpang tindih atas perbatasan laut di laut cina selatan. Sehingga, seringkali memunculkan gejolak panas atas klaim perbatasan laut tersebut.

Baru-baru ini, banyak nelayan asing yang mencuri ikan di area kelautan Natuna. hal ini bukan tanpa sebab, kekayaan biota laut yang ada di dalam laut Natuna sangat melimpah. bahkan terkadang para nelayan asing dipersenjatai oleh negaranya untuk mencari ikan di kelautan Natuna. Keseriusan bangsa indonesia harus lebih dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Sebagai bangsa yang berdaulat, sudah semestinya bangsa Indonesia mempertahankan atas perbatasan laut Natuna. Perlunya peningkatan patroli di area perbatasan di masifkan, supaya tidak ada lagi pencurian sumberdaya alam yang ada di kelautan Natuna. Sehingga bisa disimpulkan, strategi pertahanan atas kelautan Natuna sesuai dengan prinsip ketahanan nasional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image