Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maria Felicity

Musisi yang pantang menyerah, Nicole Zefanya (NIKI)

Kisah | Monday, 01 Apr 2024, 10:23 WIB

Nicole Zefanya atau lebih dikenal dengan nama panggungnya NIKI adalah salah satu talenta dari Indonesia di 88rising, salah satu label rekaman asal Amerika Serikat. Ibunya Julia Josephine Tangkau yang berasal dari Manado dan menjadi penyanyi gereja. Niki Zefanya memiliki dua adik laki-laki. Adiknya yang pertama sudah beranjak remaja, sementara si bungsu masih balita. Diketahui juga bahwa keluarga Zefanya menganut agama Kristen

Nicole atau NIKI lahir pada tanggal 24 Januari 1999, NIKI lahir di Jakarta, Indonesia dan masih bekebangsaan Indonesia. Tetapi, pada saat ini NIKI sedang menjalani hidup di Amerika Serikat sebagai artis wanita serta produsen musik Indonesia.

Pada masa kecil, Nicole sudah dikenalkan dengan musik genre R&B (Rhythm & Blues) oleh ibunya, Ibu Nicole dulunya menjadi seorang penyanyi gereja. Pada saat itu juga, Nicole mulai belajar dan berlatih untuk memainkan alat musik, salah satunya piano.

Disamping itu, saat masih berusia 9 tahun, Nicole sudah mempelajari cara bermain gitar secara mandiri. Beberapa tahun kemudian atau tepatnya di usia 15 tahun, Nicole hadir dalam acara The Red Tour Taylor Swift di Jakarta. Saat itu, ia menjadi artis pembuka sesudah berhasil lolos di kompetisi dari Swift dan Wall’s atau disebut Ride to Fame. Di usia yang masih terbilang remaja, Nicole membangun saluran YouTube pribadinya yang berisi tentang karya lagu dan cover asli miliknya. Hingga pada akhirnya, karya tersebut dirilis di salah satu platform dengan nama Nicole Zefanya.

Di tahun 2017, tepatnya sesudah lulus dari SMA Sekolah Pelita Harapan, Tangerang, Nicole berniat untuk melanjutkan pendidikan di bidang musik atau lebih tepatnya di Lipscomb University. Seorang Nicole harus menjalani hidupnya yang jauh dari keluarga di Jakarta. walaupun demikian, ternyata keluarga NIKI/Nicole sempat meragukan karirnya sebagai seorang musisi dan ia juga sempat menandatangani suatu kontrak tanpa seizin orang tuanya. Pada akhirnya, Nicole melakukan diskusi bersama keluarga dan akhirnya mendapatkan izin untuk bersekolah sebagai musisi. Masih di tahun yang sama, NIKI mendapatkan ajakan kerjasama dengan label 88rising bersama Rich Brian, yang juga menjadi penyanyi rapper asal Indonesia.

Setelah lama, akhirnya Nicole atau pada saat itu NIKI memulai perjalanan karirnya dalam industri musik saat sudah berada di Lipscomb University dan menandatangani kontrak bersama 88rising. Menjadi debutnya bersama 88rising, NIKI rilis dua single lagu yang berjudul “See U Never” dan “I Like U”. Di tahun selanjutnya atau tepatnya di Mei 2018, ia kembali mengeluarkan karya terbaru dengan lagu bertajuk “Vintage”. Lagu tersebut menjadi salah satu single pertama dalam extended play debutnya, yaitu Zephyr. Dua tahun sesudahnya di bulan September 2020, NIKI pun pada akhirnya berhasil merilis album debutnya, yaitu “Moonchild”. Selang beberapa bulan di akhir tahun 2020, NIKI merilis single liburan yang berjudul “Hallway Weather”. Seiring berjalannya waktu, NIKI kembali merilis album keduanya di tahun 2023, Nicole.

Pada tahun dimana NIKI pindah ke Los Angeles atau lebih tepatnya di tahun 2019, sang almarhum ibu meninggal dunia dikarenakan mengidap penyakit tumor otak. Sementara sang ayah lebih memilih untuk menjadi anonymous, maka NIKI memang jarang mempublikasikannya. Tapi, saat NIKI tampil di Coachella 2022, sang ayah turut menonton dan bahkan NIKI sempat menyapa orang tuanya itu di tengah lagu “Split”.

Dengan bantuan dari NIKI, remaja-remaja Indonesia dapat merasakan terhubung dengan adanya musik dari NIKI dan mereka dapat merasakan bahwa mereka tidak sendirian ketika mengalami pengalaman di kehidupan mereka. walaupun kita lebih sering melihat jiwa musisinya dari seorang NIKI akan tetapi kita juga tetap harus melihat dari sisi Nicole Zefanya dimana walaupun dia sangatlah bertalenta disisi musik, tetapi dia asah kemampuan itu, sampai-sampai dia rela meninggalkan orang tuanya untuk membuat impiannya terjadi. Kita belajar darinya bahwa kita harus tetap giat mengasah talenta kita agar pada akhirnya membuahi kehidupan kita.

Sumber Referensi

NIKI (Nicole Zefanya): Biografi, Karir, dan Perjalanan Musiknya. (2023, July 27). Blibli.com. Retrieved February 27, 2024, from https://www.blibli.com/friends/blog/biodata-niki-zefanya-00/

Profil dan Biodata Niki Zefanya: Umur, Keluarga, dan Karier. (2022, December 5). Kompas Entertainment. Retrieved February 27, 2024, from https://entertainment.kompas.com/read/2022/12/05/120354366/profil-dan-biodata-niki-zefanya-umur-keluarga-dan-karier

7 Fakta Keluarga Niki Zefanya yang Jarang Diketahui. (2023, May 17). POPMAMA.com. Retrieved February 27, 2024, from https://www.popmama.com/life/relationship/dwi-oktaviani/fakta-keluarga-niki-zefanya?page=all

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image