Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dea Riyani

Pentingnya Pemahaman Bagi Masyarakat Agar tidak Tertipu Investasi Bodong

Gaya Hidup | Saturday, 30 Mar 2024, 03:40 WIB

Pentingnya literasi pemahaman bagi masyarakat adalah bahwa literasi keuangan yang masih rendah menajdi salah satu faktor yang menyebabkan masyarakat mudah tertipu oleh berbagai investasi maupun pinjam ilegal yang banyak terjadi saat ini. Oleh karena itu, perlu dipahami beberapa konsep mengenai literasi keuangan, kasus kasus keuangan yang terjadi diindonesia, pengawasan terhadap sektor jasa keuangan,upaya mencegah dan mengatasi kasus kasus keuangan yang terjadi, serta cara mengedukasi masyarakat agar angka literasi keungan dapat ditingkatkan.

Untuk memilih produk dan jasa keuangan mana yang terbaik, masyarakat umum harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang keuntungan dan bahaya, menyadari hak dan tanggung jawab mereka, dan berpikir bahwa produk dan layanan keuangan dapat dipercaya.

MENGENALI GEJALA PENIPUAN INVESTASI

Faktor terpenting dalam mengubah menjadikan anda korban investasi adalah kekuatan anda. Investasi bodong dirancang untuk menarik perhatian korban dan terlihat seperti investasi yang benar benar mereka kunjungi. Ada beberapa ‘ tanda bahaya ‘ yang harus anda waspadai saat menerima investasi dari satu orang atau sekelompok orang. Dalam publikasinya tahun 2011 berjudul “ Menghindari Penipuan Investasi : Tanda-tanda penipuan”

Beberapa aspek dalam berinvestasi, antara lain :

a. Dijamin Menguntungkan

Jika anda mencari investasi dengan hasil tinggi, ini hanalah tri untuk membuat anda bersemangat melakukan deposit. Tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, seperti investasi bebas risiko, adalah sesuatu yang harus dihindari. Logikanya, tidak ada yang namanya investasi bebas risiko. Biasanya, seiring keinginan untuk mendapat untung dari suatu investasi tumbuh, demikian pula kemungkinan keberhasilannya. Tawaran investasi “pasti untung” bebas risiko dan “untung besar” merupakan trik jntuk menjaring banyak korban.

b. Tanpa Administrasi

Tawaran bebas administrasi investasi adalah efek untuk menarik perhatian. Modus penanam adalah untuk melibatkan administrasi yang cukup rumit, yang harus diakui. Apa yang harus anda lakukan jika anda ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki administrasi ? ini adalah tipe rumah yang harus dihindari.

c. Penawaran Tersedia Hari Ini

Jika anda mencari peluang investasi yang menguntungkan “ hanya tersedia hari ini? “ tetap sederhana. Sebaik pemeriksaan terhadap lembaga yang menawarkan peluang investasi tersebut. Logikanya, tidak ada yang hanya tersedia untuk satu hari.

d. Investasi Rahasia Yang Hanya Tersedia Untuk Anda

Untuk meningkatkan persepsi korban, salah satu cara lain agar investor bodong

sukses adalah dengan memberikan “ investasi eksklusif ‘ yang hanya tersedia untuk anda. Telepon atau telemarketing dapat memberikan peluang serupa. Penelepon ini dengan cepat mengaitkan penawaran unik dengan keberadaan anda dilembaga keunangan, seperti klien tertua atau pelanggan dengan volume transaksi tertinggi. Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang karena anda memiliki kesempatan untuk berinvestasi dengan cara yang unik. Tapi, tahukah anda apakah anda memiliki investasi seperti ini? Tidak ada hal seperti itu.

e. Lakukan Pembayaran “Hanya” Melalui Saya

Penawaran ini juga kerap datang oleh telemarketing, kemungkinan jika telemarketer langsung menyampaika hal ini tidak akan tertutup. “Saya adalah satu-satu agen pemasaran di wilayah ini” , demikian bunyi pernyataan tersebut. Karena tidak ada investor lain, perusahaan investasi menekan anda untuk melakukan pembayaran melalui mereka. Investasi dikelola oleh satu resmi yang dikelola oleh satu orang. Bagaimanapun, anda harus berhati-hati saat menghadapi ancaman memaksa seperti ini.

KASUS KEUANGAN YANG TERJADI DI INDONESIA

Binomo adalah platform perdagangan online yang menawarkan berbagai aset seperti valuta asing ( valas ), saham, ekuilitas, dan komoditas. Binomo adalah pialang terbesar didunia, denganlebih dari 887.470 pedagang harian aktif dan lebih dari 30.000.000 perdagangan dengan sukses perminggu. Binomo tersedia di lebih dari 10 negara, termasuk indonesia. Banyak orang menyadari bahwa binimo bukan sekedar platform perdagangan, itu juga merupakan skema opsi biner.

Dalam praktiknya, situs opsi biner mengharuskan pengguna untuk memilih aset seperti emas, uang, saham, dan kripto, sebelum menentukan harga selama periode waktu tertentu. Misalnya seseorang dapat menggunakan uang untuk menentukan harga lima menit saham. Jika prediksi orang tersebut benar, dia akan mendapatkan 80% dari uang yang diinvestasikan. Namun, jika dia tidak beruntung dia akan kehilangan semua yang dia miliki. Opsi biner terkadang disebut sebagai permainan “uang tunai atau tidak sama sekali”. Pengguna akan mendapatkan keuntungan dua kali lipat jika mereka memprediksi dengan benar, tetapi mereka akan menebak salah akan mengalami kerugian.

Menurut laporan Bareskrim Polri, kerugian keseluruhan akibat kasus aplikasi binomo diperkirakan mencapai lebih dari Rp. 30 Miliar pada 10 Maret 2022. Kerugian keseluruhan bagi masyarakat di indonesia karena investasi yang melanggar hukum telah mencapai Rp. 117,4 triliun pada dekade sebelumnya, menurut OJK. Ini menunjukkan bahwa daya pikat “ uang cepat “ terus menipu rakyat indonesia.

CARA MENGEDUKASI MASYARAKAT MENGENAI LITERASI KEUANGAN

Setiap industri keuangan menerapkan program literasi keuangan dan literasi pemahaman, dengan bantuan dari populasi yang lebih muda. Kementrian keuangan, bank indonesia, OJK, dan lembaga penjamin simpanan berkolaborasi dalam forum koordinasi pembiayaan pembangunan melalui pasar keuangan untuk membentuk literasi keuangan indonesia terdepan.

Tugas dari pemeri ntah dan masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan angka literasi keuangan Indonesia, tetapi juga merupakan tugas bagi semua keuangan dan masyarakat. Edukasi keuangan, menurut Bostic, harus dimulai dari rumah. Orang tua, misalnya, dapat mengajari anak- anak mereka tentang pengelolaan uang dan cara mengenali berbagai jenis penipuan. Menurut penelitian yang dilakukan di College of Cambridge, ia mulai mengelola dananya pada usia +7 tahun. Ketika seorang anak mulai sekolah dasar, dia langsung dihadapkan pada dunia keuangan. Literasi keuangan akan dimulai dengan transaksi, menghitung uang kembali, membuat rekening bank, menabung, menganggarkan, atau menabung dan meminjam. Siswa akan dapat meringkas apa yang telah mereka pelajari tentang bunga, suku bunga, bahaya, dan produk/layanan keuangan palsu di akhir proses.

Pemberdayaan masyarakat, menurut Kieffer dan Mottola (2015), merupakan salah satu penipuan investasi. Orang-orang yang tidak menjelaskan kegiatan keuangan mereka harus didorong oleh pemerintah atau organisasi sosial. Jika masyarakat umum tidak mendukung inisiatif tersebut, risiko korban yang timbul dari tindakan pihak-pihak non-libat mungkin meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjadi korban penipuan speculator antara lain kebutuhan untuk selalu mengumpulkan informasi dan pengetahuan lingkungan, seperti dari teman, sahabat, tetangga, atau saudara yang terlibat dalam investasi spekulatif.

CARA ATAU SOLUSI MENGEDUKASI MASYARAKAT TENTANG INVESTASI BODONG

Masyarakat perlu di edukasi tentang investasi bodong agar terhindar dari keruguian finansial. Berikut beberapa cara yang bisa di lakukan :

1. Sosialisasi dan edukasi :

· Penyuluhan : OJK, pemerintah daerah, lembaga keuangan, dan komunitas dapat mengadakan penyuluan tentang ciri-ciri investasi bodong dan cara menghindarinya.

· Media massa : media massa seperti TV, radio, dan media sosial dapat menyebarkan informasi tentang investasi bodong melalui iklan layanan masyarakat, artikel, dan video edukasi.

· Materi edukasi : OJK dan lembaga terkait dapat mebuat materi edukasi seperti poster, pamflet, dan buku saku tentang investasi bodong.

· Seminar dan workshop : OJK dan lembaga terkait dapat mengadalan seminar dan workshop tentang investasi bodong untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

2. Pemanfaatan teknologi

· Aplikasi edukasi : OJK dan lembaga terkait dapat mengembangkan aplikasi edukasi tentang investasi bodong.

· Website dan meda sosial : OJK dan lembaga terkait dapat membuat website dan akun media sosial khusus untuk edukasi tentang investasi bodong.

TIPS UNTUK MASYARAKAT :

· Cek legalitas : pastikan perusahaan investasi terdaftar di OJK

· Cari informasi : cari informasi tentang perusahaan investasi dan produk yang ditawarkan

· Hati-hati iming-iming keuntungan besar : waspada terhadap imvestasi yang menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

· Pahami risiko : investasi selalu memiliki risiko

· Laporkan ke OJK :laporkan ke OJK jika menemukan investasi yang mencurigakan.

Edukasi tentang investasi bodong harus dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan semua pihak. Dengan edukasi yang tepat, masyarakat diharapkan dapat terhindar dari investasi bodong dan memilih instrumen investasi yang aman dan sesuai dan sesuai dengan profil risiko mereka.

sumber :

Satgas Waspada Investasi

YouTube OJK

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image