Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Anja Faiz

Islam Amerika Serikat

Agama | Friday, 29 Mar 2024, 17:36 WIB

Islam ke Amerika awal terdiri dari tahun 1875 dan 1912, yang berasal dari Syiria, Jordania, Palestina dan Libanon. Mereka yang berimigrasi pada umumnya adalah pemuda desa yang tidak terpelajar dan tidak mempunyai keterampilan. Mereka terjadi pada tahun 1918 sampai 1922, yang berasal dari perkotaan. Mereka terjadi pada tahun 1930 sampai 1938, yang terkondisikan oleh kebijakan imigrasi Amerika Serikat yang memberikan prioritas kepada mereka yang keluarganya telah lebih dahulu menetap di Amerika Serikat. Mereka yang datang ke Amerika Serikat pada gelombang ini bukan berasal dari timur tengah, tapi juga berasal dari India, Pakistan, Timur dan Uni Soviet. Mereka yang datang ke Amerika Serikat pada gelombang ini berasal dari timur tengah, dan juga berasal dari India, Pakistan, Timur dan Uni Soviet. Mereka yang datang ke Amerika Serikat pada gelombang ini adalah imigran yang terpelajar dan berasal dari imigran yang terpengaruhi.

by: https://www.instagram.com/p/CxhOzdutHnt/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==

Islam di Amerika Serikat membutuhkan banyak proses dan tentunya melibatkan aspek-aspek tertentu. Pada awalnya, Islam dianggap sebagai agama para imigran Timur Tengah atau Pakistan yang menetap dan tinggal di beberapa kota di Amerika (Usman, 2003: 57). Setelah itu, Islam berkembang dan akhirnya membentuk sebuah kekuatan muslim yang disebut black moslem. Black moslem adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh seseorang yang bernama Elijah Muhamad di Chicago.

Memang, masyarakat Amerika adalah masyarakat yang religius. Islam hidup berdampingan dengan agama Kristen dan Yahudi. Menurut Shihab (2005:37) Dalam beberapa tahun terakhir, agama ini muncul ke permukaan dengan cepat dan menjadi fenomena yang paling menarik untuk dicermati, apalagi banyak orang yang terkejut dengan fakta-fakta yang menunjukkan bahwa Islam dapat berkembang dengan baik di Amerika. Kehidupan umat Islam di Amerika cukup bisa diterima. Karena mayoritas masyarakatnya religius dan memegang teguh agamanya masing-masing.

Selain perkembangan Islam secara umum, perkembangan studi Islam juga ada. Perkembangan studi Islam di Amerika berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Adapun perkembangan studi Islam di Amerika seperti Kini di banyak lembaga sekolah di Amerika, kurikulumnya memuat pendidikan Islam. Mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Bahkan sampai ke perguruan tinggi.

Di Amerika juga terdapat kelompok-kelompok Islam. Dan tiap Kelompok Islam tersebut mempunyai prinsip masing-masing. Kelompok tersebut seperti kelompok sunni, syiah, sufi, ahmadiyah, muslim keturunan Afrika, kulit putih. Selain itu di Amerika juga mempunyai tokoh-tokoh Islam seperti Muh. Alexander Web dan Noble Ali.

Pendidikan Islam di Amerika juga sudah berkembang seperti contoh sudah terdapat perguruan tinggi yang punya program Pembelajaran Islam, banyak sekolah-sekolah swasta yang berbasis Islam, home scholling, masjid - masjid yang sudah menyediakan pendidikan, dan organisasi-organisasi Islam yang aktif di dalam kampus maupun luar kampus.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image