Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Anja Faiz

Kelompok-Kelompok Islam di Amerika Serikat

Agama | Saturday, 13 Apr 2024, 06:06 WIB
https://www.instagram.com/p/B8BusTepxKi/?igsh=YzljYTk1ODg3Zg==

Kelompok-kelompok Islam yang berada di Amerika Serikat sebagai berikut:

1. Muslim Sunni

Mayoritas muslim sunni di Amerika merupakan imigran, pelajar, dan warga negara yang memeluk agama Islam. Mereka juga melakukan aktivitas ibadah sehari-hari seperti sholat dan lain-lain. Komunitas muslim ini juga aktif dalam bidang yang lain seperti pendidikan, sosial, dan bidang lainnya. Mereka berkontribusi dengan berdialog antaragama dan berusaha mempererat tali silaturrahmi dengan orang lain di Amerika melalui pengenalan dan pemahaman nilai Islam.

2. Muslim Syi'ah

Meskipun mayoritas merupakan kelompok Sunni, di Amerika juga banyak kelompok syiah. Kelompok tersebut juga sudah mendapat pengakuan dari muslim lainnya. Masjid-masjid kelompok syiah juga teridentifikasi di daerah kota New York, Detroit, Washington, Los Angeles, dan Chicago

3. Muslim Amerika keturunan Afrika

Satu pertiga dari Muslim di benua Amerika merupakan muslim yang berketurunan dari Afrika yang sudah gabung dalam arus utama Islam.

4. Muslim kulit putih

Mayoritas kulit putih yang masuk Islam merupakan perempuan yang berkulit putih dan mempunyai suami muslim. Perempuan tersebut memilih agama Islam sebagai keyakinannya. Dalam beberapa kasus, perempuan masuk Islam sebelum menemukan pasangan nikah atas dasar keyakinannya bahwa perempuan memperoleh penghargaan yang lebih tinggi dibandingkan di masyarakat Amerika pada umumnya. Sejumlah orang AS, yang merasa asing dengan tradisi agama mereka sendiri atau dalam lingkungan lembaga keagamaan mereka atau dengan norma-norma yang berkembang dalam kebudayaan Amerika Serikat, memandang Islam sebagai alternatif. (Smith,2005;96-97)

5. Gerakan ahmadiyah

Gerakan ini diikuti oleh minoritas muslim di Amerika. Menurut sebagian muslim, gerakan ini dianggap kontroversial, karena pengikut gerakan tersebut mengklaim pemimpin-pemimpin baru setelah Nabi Muhammad SAW.

6. Gerakan sufi

Gerakan ini merupakan gerakan Islam yang mengajarkan cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlak, dan untuk membangun lahir batin. Di Amerika aliran sufi yang paling berpengaruh yaitu qadiriyyah yang menyatu dengan tarekat bawa muhaiyaddeen.

Tarekat ini sudah mempunyai 2000 mualaf lebih baik dari kelas menengah maupun kelas menengah keatas. Di Amerika muallaf sufi terdapat di wilayah bagian New York, California, New Mexico, Texas, dan Michigan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image