Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Rutan Mamuju

Amaliah Ramadhan 14, Kehidupan Sesudah Kematian

Agama | Tuesday, 26 Mar 2024, 12:46 WIB

Mamuju, INFO_PAS-- Hari Keempat belas atau Malam Kelima belas Bulan Suci Ramadhan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Mamuju Kemenkumham Sulbar melaksanakan kegiatan Shalat Isya dan Shalat Tarawih Berjamaah yang diikuti diikuti seluruh Warga Binaan beragama Islam dan petugas serta diawasi langsung oleh Staf Pelayanan Tahanan dan dibantu oleh Regu Pengamanan Malam, Piket Staf Shalat Tarwih dan petugas dari Bapas Polewali bertempat di Masjid At-Taubah (25/03).

Khutbah Ramadhan di Masjid At-Taubah Rutan Mamuju

Adapun yang membawa Khutbah Tarawih pada malam ini yakni Adinda Muhammad Syahrullah. Muhammad Syahrullah mengatakan dalam khutbahnya bahwa Allah S.W.T berfirman tiap - tiap yang berjiwa akan menghadapi kematian. Menghadapi firman ini hal itu tidak lain karna Allah S.W.T menyebut ada tiga golongan yang menghadapi kematian yakni makhluk di dunia, kelompok jin dan yakni kelompok malaikat Allah S.W.T.

"Sebagaimana yang disanjung Allah S.W.T bahwa dan malaikat - malaikat yang disisi-Nya tiada rasa angkuh menyembah-Nya dan mereka selalu bertasbih tiada hentinya. Mereka inilah yang mencapai kesucian dan pertolongan Allah S.W.T. Mereka itulah sekalipun dia memiliki kehidupan disisi Allah tetap akan menghadapu kematian," ucap dala tausiahnya.

Adapun kematian orang durhaka maka nyawanya akan dicabut secara paksa. Malaikat Israil akan mencabut nyawanya dengan menampakkan tubuh yang sangat mengerikan, sesungguhnya postur orang kafir lebih besar dibanding orang beriman.

"Hal ini dikuatkan oleh hadits yang Shahih, selanjutnya malaikat membawa org kafir hingga langit dunia dan tidak dibukakan dan disambut penduduk langit," sambungnya.

Demikian Allah memberikan pembalasan bagi orang - orang yang kafir. Barang siapa yang mempersekutukan Allah S.W.T seperti orang betapa hinanya dilemparkan turun ke dunia.

Selanjutnya dilaksanakan Shalat Tarawih secara berjamaah 08 (delapan) rakaat dan diakhiri dengan Shalat Witir dan Shalawat Badar serta Warga Binaan kembali kemar blok masing - masing.

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Marasidin mendukung upaya yang dilakukan oleh jajaran Rutan Mamuju.

“Sehingga melalui Pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan dapat memberi dampak terhadap peningkatan kinerja di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulbar” tutup salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Yasonna itu.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulbar Bapak Marasidin dan Kepala Divisi Pemasyarkatan Bapak Robianto serta Kepala Rutan Kelas IIB Mamuju Novian Endus Santoso mendukung pelaksanaan Amaliyah Ramadhan di Rutan Kelas IIB Mamuju.

#MenkumhamRI #YasonnaHLaoly #Marasidin #KamiPasti #KanwilKemenkumhamSulbar #KanwilSulbar #KemenkumhamSemakinPasti #KumhamPasti #KumhamSulbar #NewsKemenkumham #Rutama #RutanKelasIIBMamuju #RutanMamuju

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image