Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ilham Hariyadi

Mahasiswa Mars UMY Melihat Produk Gizi Halal di RS PKU Muhammadiyah Gamping

Edukasi | Sunday, 24 Mar 2024, 16:13 WIB

Mahasiswa Manajemen Administrasi Rumah Sakit (MARS) Angkatan 20 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kunjungan Field Site Teaching ( FST ) ke RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta (22/03/24).Program ini merupakan bagian dari standar kurikulum Pendidikan Magister Administrasi Rumah Sakit UMY terutama untuk mengetahui standar mutu dan kualitas perumahsakitan khususnya dibidang pelayanan gizi rumah sakit.

“Disamping itu Program FST ini bertujuan agar mahasiswa MARS UMY dapat berdiskusi langsung dengan pakar gizi rumah sakit dan melihat langsung proses pembuatan serta penyajiannya agar masing-masing mahasiswa dapat menerapkan ditempat RS mereka bekerja,” terang Dr.Elsye Maria Rosa, M.Kes, selaku kaprodi MARS UMY., pada hari jumat (22/03/2024). Elsye menambahkan bahwa tujuan lain dari FST ini adalah agar mahasiswa mendapat pengalaman belajar yang tidak sama seperti berada didalam kelas.

Dalam kunjungan FST tersebut mahasiswa MARS UMY dibuat kagum oleh instalasi gizi RS PKU Muhammadiyah gamping yang sudah sejak tahun 2021 secara resmi berhasil memperoleh sertifikat halal gizi dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama Republik Indonesia, mahasiswa dari Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit UMY sangat antusias ingin mengetahui bagaimana proses RS PKU Muhammadiyah Gamping dapat memperoleh sertifikat gizi halal.

Berawal dari keinginan memberikan pelayanan berbasis syariah kepada pasien setia RS,sehingga instalasi gizi RS PKU Muhammadiyah Gamping bekerja keras memenuhi seluruh syarat untuk mendapatkan sertifikat gizi halal,diantaranya mengikuti pelatihan eksternal,membuat SK dan Tim Sistem Jaminan Halal ( SJH ),membuat Standar Operasional Prosedur ( SOP ) serta menjalin Kerjasama dengan penyedia baham makanan yang bersertifikat halal.Instalasi gizi RS PKU Muhammadiyah Gamping mempunyai bebebrapa produk unggulan dalam pelayanan antara lain konsultasi gizi untuk pasien rawat jalan dan rawat inap , telekonsultasi gizi,dan yang cukup menarik adalah menyediakan layanan catering diet untuk pasien dan RS lain yang membutuhkan.

Magister Administrasi Rumah Sakit UMY secara aktif memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kegiatan FST seperti ini karena dapat meningkatkan pengetahuan ,kapasitas dan skill mahasiswa. Hal ini menjadi komitmen Magister Administrasi Rumah Sakit UMY dalam pelaksanaan catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image