Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Perayaan Hari Katak Sedunia

Iptek | Thursday, 21 Mar 2024, 19:00 WIB
Populasi katak terusmenurun secara signifikan. Foto: nationalzoo.si.edu.

HARI Katak Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 20 Maret. Ini untuk pengingat kepada kita semua akan pentingnya ekologi dan biologis spesies katak di seluruh dunia.

Peringatan Hari Katak ini sudah dilangsungkan sejak tahun 2014. Namun, tidak ada sumber yang bisa menjelaskan secara pasti ihwal siapa atau organisasi mana yang menginisiasi Hari Katak.

Terdapat lebih dari 7.000 spesies katak, mulai dari Paedophryne amauensis yang berukuran kecil, yang hanya berukuran panjang 7,7 mm, hingga katak Goliat, yang dapat tumbuh hingga panjang 32 cm.

Katak dapat kita temukan di beragam lingkungan. Mulai dari hutan hujan terdalam hingga gurun, dan bahkan di daerah perkotaan yang padat dan polutid. Hewan ini mampu beradaptasi secara baik dengan berbagai habitat.

Sayangnya, populasi katak telah menurun secara signifikan sejak tahun 1950-an dan sekitar sepertiga spesies saat ini berada dalam status kritis, sementara lebih dari 120 spesies diyakini telah punah sejak tahun 1980-an.

Kepunahan katak tertentu dimungkinkan karena beberapa faktor, seperti munculnya penyakit jamur, perusakan, dan perubahan habitat, polusi, perubahan iklim, maupun penggunaan pestisida.

Upaya konservasi katak saat ini difokuskan pada pelestarian habitat, penelitian penyakit yang menyerang, dan pendidikan masyarakat tentang pentingnya katak dan tantangan yang mereka hadapi.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image