Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hasan Albana

Belajar dari Katak

Alkisah | Monday, 22 May 2023, 19:41 WIB

Alkisah, di negeri katak diadakan sebuah sayembara. Barang siapa mampu memanjat sebuah menara yang tinggi di tengah kota akan mendapatkan sekantong uang emas. Semua katak muda di negeri itu begitu antusias dengan sayembara tersebut, termasuk seekor katak kecil yang hidup di pinggiran negeri itu. Begitu katak kecil datang ke perlombaan, semua katak tertawa mengejek. Apalagi, saingannya adalah katak bertubuh kekar, dan dia amatlah kurus.

Namun, si katak kecil hanya tersenyum dan tetap membulatkan tekat untuk mengikuti sayembara tersebut. akhirnya perlombaan dimulai. Baru beberapa meter menanjak. Beberapa ekor katak jatuh ke bawah. Katak yang lain memandangi katak yang jatuh ke tanah dengan pandangan ngeri. Mereka baru sadar, bahwa kemampuan mereka sebagai katak adalah melompat, bukan memanjat. Satu per satu katak mulai berjatuhan, hingga akhirnya tinggal tiga katak yang tersisa.

Saat itu penonton berteriak-teriak, “puncak menara terlalu tinggi. Mustahil kalian dapat mencapainya.” Katak yang telah jatuh pun iktu berteriak.”Dari ketinggian tiga meter saja badanku sudah sakit semua, apalagi jatuh dari ketinggian 15 meter. Pasti mengerikan! Tulang-tulangmu pasti remuk!”. Seekor katak yang masih memanjat mulai khawatir ketika melongok ke bawah, ia sadar ternyata memang menara itu tinggi sekali.

Akhirnya ia pun mengundurkan diri. Tinggal dua katak lagi termasuk si katak kecil.”hati-hati, diatas sana licin, kamu pasti terpeleset,” lagi-lagi teriakan dari bawah. Teriakan tersebut membuat saingan si katak kecil berpikir,” Licin? Aduh bagaimana kalau nanti aku Jatuh?” akhirnya saingan si katak kecil mundur, khawati terpeleset.

Tinggal katak kecil seorang diri.”Si katak kecil, di atas licin, kamu pasti jatuh,” suara lain menimpali,”iya menyerah saja. Angin di atas berhembus sangat kencang, kamu pasti terbang terbawa angin.”katak kecil tidak peduli dan terus memanjat. Akhirnya, hap, katak kecil sampai di puncak. Penonton menyorakinya,Ya, Tuhan.... ia berhasil!!!”

Saat katak kecil turun, penonton mengerubutinya dan bertanya-tanya, bagaimana bisa katak kecil berhasil. Ketika katak kecil diam saja, barulah mereka sadar katak kecil itu tuli, sehingga tidak bisa mendengar peringatan mereka. Ibu katak kecil akhirnya menimpali,”katak kecil dapat sampai di punak karena ia tidak dapat mendengar ucapan-ucapan kalian yang melemahkan semangatnya. Ia bisa terus sampai di atas karena ia hanya mendengarkan suara hatinya dan konsisten pada tujuan yang ingin dicapai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image