Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Zein Erian

Axolotl: Kemampuan Menakjubkan Menumbuhkan Kembali Bagian Tubuh yang Hilang

Edukasi | Monday, 18 Dec 2023, 16:49 WIB
Image from freepik

Axolotl, amfibi yang unik dan menggemaskan, memiliki kemampuan luar biasa untuk regenerasi tubuh yang membuatnya menjadi spesies yang menarik untuk dipelajari. Dalam dunia biologi, axolotl dikenal sebagai ahli regenerasi, karena mereka dapat menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang tanpa kesulitan berarti. Inilah beberapa aspek menarik dari kemampuan regeneratif yang dimiliki oleh axolotl.

Temuan dari studi terbaru menyoroti keajaiban kemampuan regeneratif axolotl, sebuah spesies salamander, yang mampu meregenerasi bagian tubuhnya dengan luar biasa. Melalui teknik sekuensing omik spasial, penelitian mengungkap bahwa axolotl memiliki kelompok sel ependimoglial yang diinduksi oleh cedera, berperan sebagai populasi sel induk yang dapat memperbaharui neuron yang hilang. Proses transisi keadaan sel yang menyerupai neurogenesis juga terdeteksi selama perkembangan dikutip dari Xiaoyu Wei et al. Science. (2022).

Penelitian lain menemukan bahwa sinyal Wnt, yang mengatur berbagai fungsi selama perkembangan anggota tubuh vertebrata, turut berperan dalam mengkoordinasi ekspresi gen-gene pembentukan anggota tubuh selama perkembangan dan regenerasi anggota tubuh axolotl dikutip dari Monaghan et al (2022).

Fakta bahwa axolotl mampu meregenerasi anggota tubuhnya yang hilang, seperti yang diungkapkan dalam penelitian ini, memberikan dimensi baru pada potensi pengembangan terapi regeneratif pada manusia.

Referensi

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9068880/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image