Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Heni Nuraeni

Ramadhan Bulan Istimewa

Agama | Thursday, 21 Mar 2024, 10:51 WIB

Oleh: Nurmawati Ummu Alim
Ramadhan mubarak telah hadir kembali. Bulan yang datang setiap tahun ini layak disambut dengan suka cita karena berbagai keistimewaan didalamnya.Pada bulan yang agung ini Allah menurunkan Al-Qur'an kepada manusia paling mulia Nabi Muhammad SAW, serta dibawa oleh malaikat yang mulia Jibril as.Puasa adalah ibadah istimewa, saking istimewanya puasa disebut oleh Allah SWT dalam hadits qudsi bahwa ibadah itu khusus bagi Allah.Allah berfirman dalam hadits qudsi:"Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, sebab ia hanyalah untukku dan akulah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung" (HR Bukhari dari Abu Hurairah ra).Puasa adalah ibadah yang tidak tercampuri oleh riya' dan niatan untuk selain Allah SWT.
Ada beberapa keistimewaan Ramadhan, diantaranyaPertama, Bulan turunnya Al-Qur'an.Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 185)Kedua, Keistimewaan malam seribu bulan yaitu Lailatul Qadar. Inilah puncak keutamaan Ramadhan yang berada di 10 hari terakhir bulan tersebut. Allah berfirman: " Sesungguhnya kami telah menurunkan Al-Qur'an pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar" ( TQS al -Qadar ayat 1-5).Hanya saja Allah merahasiakan kapan Lailatul Qadar terjadi.Nabi memerintahkan kaum muslim untuk mencarinya.Sabda Nabi SAW: " Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari 10 malam terakhir bulan Ramadhan"( HR.Bukhari).Ketiga, Pahala dilipat gandakan.Dalam sebuah hadits disebutkan " Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah berfirman, "kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk- Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku"( HR Muslim).Selain itu ada hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, " Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an pada bulan Ramadhan, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan sepuluh kali lipat."
Keempat pintu Surga dibuka, nabi SAW bersabda:" Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit dan ditutuplah pintu-pintu neraka dan setan dibelenggu" .(HR An nasa'i dan Ahmad). Selain itu Ramadan adalah kesempatan untuk bertobat dan memperbaiki diri.
Kelima, Bulan ampunan. Nabi bersabda, " Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu ( HR Bukhari dan Muslim), juga dalam hadis lain "Barang siapa yang berpuasa yang melakukan salat malam pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (HR Bukhari dan Muslim)
Keenam, Doa akan dikabulkan. Ramadhan menjadi masanya umat Islam berdoa memohon ampunan kepada Allah dan Allah janjikan doa dikabulkan pada bulan ini. Nabi SAW juga bersabda "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan dan setiap muslim apabila dia membesarkan doa pasti dikabulkan" (HR Al bazzar). Hanya saja ada waktu-waktu tertentu doa yang dikabulkan yaitu ketika sahur kemudian saat berpuasa dan ketika berbuka puasa.
Ketujuh, Ibadah khusus, Ramadan selain puasa ada ibadah khusus yang hanya ada di bulan ini yaitu salat tarawih waktunya adalah setelah salat isya, hukum menjalankan salat tarawih adalah sunnah namun pahalanya seperti menjalankan ibadah wajib di bulan selain romadhon. Shalat tarawih juga memiliki keutamaan seperti dalam hadis berikut, "Barang siapa melakukan Qiyam Ramadhan yaitu salat tarawih karena iman dan mencari pahala maka dosa-dosa yang telah lalu akan diampuni"( HR Bukhari Muslim)
Demikianlah beberapa keistimewaan dari bulan Ramadan berdasarkan nash. Hal ini perlu diketahui bagi kaum muslim agar bisa memperlakukan Ramadhan dengan istimewa pula untuk meraih keberkahan dan pahala yang berlimpah di bulan istimewa. Wallahu alam bishawab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image