Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Minuman Kekinian DeHaga di Kantin Sapta IPB, Halal atau Engga sih?

Kuliner | Monday, 18 Mar 2024, 21:31 WIB

Di tengah pesatnya perkembangan tren minuman kekinian, tak jarang kita menemukan ragam minuman yang dijual di berbagai tempat, termasuk di kantin-kantin kampus. Salah satu minuman yang digemari oleh semua kalangan yaitu “DeHaga”, yang kini juga tersedia di Kantin Sapta IPB. Namun, seiring dengan meningkatnya kepedulian akan kehalalan produk konsumsi, pertanyaan yang muncul adalah: Apakah minuman “DeHaga” ini benar-benar halal? Dalam Islam, kehalalan makanan dan minuman adalah suatu hal yang sangat penting. Al-Quran secara tegas menginstruksikan umat Muslim untuk mengonsumsi makanan yang halal dan baik. Surat Al-Baqarah ayat 168 menyatakan, "Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi."

DeHaga merupakan salah satu gerai minuman yang menyajikan berbagai macam jenis varian minuman. DeHaga hadir tidak hanya menjanjikan kualitas terbaik, tetapi juga memberikan jaminan kehalalan yang terpercaya melalui sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sertifikasi halal MUI menjadi penanda bahwa minuman DeHaga telah melewati serangkaian uji dan audit yang ketat sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sertifikat halal yang sudah dilakukan juga sebagai salah satu langkah peningkatan mutu dan kualitas layanan kepada konsumen DeHaga. Dengan demikian, konsumen tidak perlu ragu atau khawatir tentang kehalalan produk ini.

Saat ini, gerai DeHaga sudah ada di beberapa cabang, yaitu di Bogor dan Depok. Cabang DeHaga yang berada di Bogor yaitu salah satunya di Kantin Sapta IPB. Menurut Nabila selaku pegawai DeHaga di kantin Sapta, DeHaga sudah berdiri sejak tahun 2018 hingga saat ini dan pada tahun 2024 DeHaga di Kantin Sapta IPB melakukan sertfikasi halal. Nabila juga mengatakan bahwa tahapan dalam sertifikasi halal salah satunya dengan mengecek kebersihan, pembuatan produk, dan memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan bersih serta tidak terkontaminasi atau najis. Kebersihan dalam hal ini yaitu meliputi kebersihan personal, peralatan, tempat produksi, dan proses produksi. Hal ini untuk memastikan produk aman untuk dikonsumsi. Dengan melalui tahap-tahap sertifikasi halal, dinyatakan bahwa minuman DeHaga yang dijual di Kantin Sapta IPB bersertifikat “Halal” dan dapat dikonsumsi oleh umat Muslim.

Dalam menghadapi tren minuman kekinian, penting bagi seorang konsumen untuk tetap waspada dan memastikan bahwa produk yang dikonsumsi sesuai dengan prinsip-prinsip agama. Dengan memilih produk yang telah terjamin kehalalannya, dapat menjaga kesehatan fisik dan juga kesehatan spiritual sebagai umat Muslim. DeHaga adalah contoh minuman kehalalan dan kualitas dapat bersinergi dalam menyajikan minuman yang berkualitas dan dapat dipercaya bagi konsumen Muslim. Dengan sertifikasi Halal MUI sebagai landasan kepercayaan dan kualitas terbaik yang dihadirkan, DeHaga memberikan kepastian kepada konsumen bahwa mereka dapat menikmati minuman yang lezat dan bermanfaat sesuai dengan ajaran agama Islam yang dijunjung tinggi. Dengan demikian, DeHaga bukan hanya sekadar minuman, tetapi juga merupakan pilihan yang tepat bagi umat Muslim yang memperhatikan kehalalan dalam konsumsi mereka.

Sumber: Dokumen pibadi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image