Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Cara Menghilangkan ketombe Bandel dari Rambut Secara Alami

Eduaksi | Saturday, 16 Mar 2024, 15:04 WIB
Cara menghilangkan keto,be dengan alami/Foto : Sonora

Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang sering mengganggu kehidupan sehari-hari penderitanya. Ketombe tidak hanya merusak rasa percaya diri, tapi juga bisa menimbulkan rasa gatal dan rasa tidak nyaman yang berlebihan pada penderitanya.

Untuk mengatasinya, ada banyak cara menghilangkan ketombe secara alami dan medis. Mari kita simak berbagai cara melawan ketombe secara komprehensif pada pembahasan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Ketombe atau ketombe adalah munculnya serpihan putih atau kuning pada kulit kepala yang terasa gatal. Pada dasarnya penyebab ketombe belum diketahui secara pasti.

Namun ketombe bisa disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, infeksi jamur seperti tinea capitis, tidak mencuci rambut secara teratur, reaksi alergi, atau kondisi tertentu seperti dermatitis atopik (eksim) dan psoriasis.juga mengklaim bahwa hal itu mungkin disebabkan oleh penyakit kulit seperti dermatitis seboroik dll.

Perawatan ketombe harus dilakukan sesegera mungkin agar tidak bertambah parah. Cara menghilangkan ketombe bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan mudah didapat seperti Minyak Kelapa Cara menghilangkan ketombe secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa dan masker rambut.

Pasalnya, minyak kelapa mengandung senyawa yang melembabkan kulit kepala dan mencegah kekeringan. Faktanya, minyak kelapa juga mengandung senyawa antibakteri dan antijamur, sehingga mampu melawan berbagai patogen penyebab ketombe.

Untuk mengatasi ketombe, tuangkan 3 hingga 5 sendok teh minyak kelapa ke kulit kepala dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 1-2 jam, lalu cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

Penggunaan minyak kelapa secara teratur dapat membantu mengurangi ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala. Minyak Zaitun Selain minyak kelapa, penggunaan minyak zaitun juga merupakan cara alami menghilangkan ketombe karena dapat melembabkan kulit kepala dan mengurangi ketombe. Cara penggunaannya, oleskan minyak zaitun secara merata pada kulit kepala, tutupi kepala dan biarkan semalaman. Di pagi hari, cuci rambut Anda dengan sampo untuk menghilangkan sisa minyak zaitun dari rambut dan kulit kepala Anda.

Tea Tree Oil Tea Tree Oil dapat digunakan sebagai pengobatan ketombe alami. Pasalnya, minyak yang diperoleh melalui penyulingan uap daun pohon teh dapat menekan pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan menenangkan kulit kepala yang gatal.

Aloe Vera Gel Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan gel lidah buaya. Pasalnya, gel lidah buaya mengandung senyawa antijamur dan antiradang yang mampu mengatasi jamur dan peradangan pada kulit kepala penyebab ketombe. Selain itu, bahan alami ini juga dapat meredakan rasa gatal sekaligus menguatkan akar rambut.

Baking Soda Cara mudah menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan mengoleskan larutan baking soda pada kulit kepala. Pasalnya, baking soda mampu membersihkan sel kulit mati dan mengurangi produksi sebum berlebih di kulit kepala.

Cuka Sari Apel Cuka sari apel dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Hal ini karena cuka sari apel mengandung senyawa antijamur yang mencegah berkembangnya ketombe. Selain itu, keasaman juga membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala Anda.

Lemon atau Jeruk Nipis Cara menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan air perasan lemon atau jeruk nipis. Pasalnya, buah lemon dan jeruk nipis mengandung berbagai jenis nutrisi yang dapat menghilangkan ketombe dan mengoptimalkan pertumbuhan akar rambut, antara lain: B. Vitamin C, flavonoid, asam sitrat, magnesium, dll.

Bawang Putih Bawang putih merupakan cara mudah lainnya untuk menghilangkan ketombe. Bawang putih mengandung sifat antijamur sehingga efektif menghilangkan ketombe yang membandel.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan untuk kasus ketombe yang berlarut – larut perlu dikaji juga penggunaan Shampo. Dikarenakan shampoo yang memiliki zat kimiawi yang tinggi bisa menim bulkan ketombe yang hebat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image