Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AZIZAH NUR AFIFAH

12 Tahun Peringati Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta, SMA Negeri 5 Yogyakarta Gelar Kirab Budaya

Sekolah | Thursday, 07 Mar 2024, 12:41 WIB

Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu provinsi yang memiliki status istimewa atau otonomi khusus. Negara telah mengakui keistimewaan Yogyakarta dengan diaturnya dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012. Menurut Pasal 1 Ayat 2, keistimewaan yang dimiliki DIY berdasarkan sejarah dan hak asal usul menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk mengatur dan mengurus kewenangan istimewa. Maka dari itu, dalam rangka memperingati Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang ke 12 pada tanggal 7 Maret 2024, SMA Negeri 5 Yogyakarta melakukan kirab budaya.

Sebelum pelaksanaan kirab budaya dilaksanakan, pada pukul 07.15 warga sekolah kumpul bersama dilapangan SMA N 5 Yogyakarta untuk mengikuti apel pagi. Dalam sambutannya, Bapak Edi Prajaka, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan mengatakan bahwa “Sebagai warga DIY harus bangga jika DIY sebagai daaerah yang menyatakan untuk bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adanya Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta, mari bersama-sama untuk nguri-uri kebudayaan. Salah satu contohnya yaitu dengan memakai pakaian gagrak Yogyakarta. Perlu kita sadari jika keistimewaan perlu diisi dengan kegiatan positif karena sekarang banyak terjadi degradasi budaya dan degradasi moral. Budaya unggah-ungguh, tepo seliro, dan budaya menghormati orang yang lebih tua semakin luntur. Peringatan keistimewaan Yogyakarta kita jadikan sebagai upaya untuk terus melestarikan budaya dengan saling menghormati, mau menerima pendapat orang lain, dan bersikap sopan santun”, ujar Bapak Edi Prajaka, S.Pd.

Iring-iringan kirab budaya diikuti oleh seluruh warga sekolah dengan mengenakan Gagrak Yogyakarta. Para siswa melakukan kirab budaya berjalan mengelilingi sekitar sekolah dengan didampingi oleh sejumlah guru dan karyawan. Kirab budaya dimulai dari halaman sekolah, dimana siswa dari kelas X dengan didampingi guru wali kelas mulai keluar sekolah. Disusul oleh siswa kelas XI dan kelas XII yang didampingi oleh bapak ibu guru. Rute kirab budaya dari SMA Negeri 5 Yogyakarta menuju kearah timur, melewati Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Setelah melewati Dinas Kebudayaan, peserta kirab melewati Universitas Cendekia Mitra Indonesia dan TPS Kotagede. Kegiatan kirab budaya selesai pukul 09.00, selanjutnya siswa masuk kelas masing-masing untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image