Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arijal abdurrahman

3 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

Bisnis | Thursday, 07 Mar 2024, 06:44 WIB

Arrijal Abdurrahman

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Depok, Bojongsari

Sukses merupakan sebuah hal yang sangat diinginkan dan di cari setiap individu. Salah satu strategi atau cara yang dapat dilakukan agar mendapat kesuksesan tersebut ialah dengan memulai berbisnis. Pola pikir untuk menjadi seorang pengusaha menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan para remaja. Oleh karena itu, karena semangat yang menggebu gebu di masa muda atau remaja.Saat ini banyak orang yang sudah sukses menjadi pengusaha di usia remaja. Bukan menjadi suatu yang langka, karena banyak sekali orang orang yang mulai merasa lelah dan terbatas dengan hanya menjadi karyawan, sehingga pemikiran untuk membuat bisnis menjadi pilihannya. Saat menginginkan usaha bisnis yang sukses maka pasti tidak selalu berjalan dengan lancar, dibutuhkan beberapa skill atau kehalian dan niat yang harus dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah 3 tips untuk sukses memulai bisnis untuk pemula :

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Seiring perkembangan dunia di era perekembangan zaman yang terus maju semakin pesat, saat ini seperti semua hal dapat dijadikan sebgai peluang untuk bisnis. Dengan banyak nya peluang yang ada kita harus memilih satu yang mana kita ahli pada bidang tersebut. Banyak orang orang yang melakukan bisnis namun tidak fokus pada keahliannya. Apabila kita fokus pada satu peluang dan ahli dalam peluang tersebut, maka seluruh ide dan pikiran yang ada untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah dan lebih aman. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut.

2. Lakukan hal yang di sukai

Ketika melakukan hal apapun dalam kehidupan kita, kita pasti akan memilih atau lebih mendahulukan hal yang kita sukai, dengan begitu kita dapat mengerjakan hal tersebut dengan sepenuh hati. Bukan karena sebuah paksaan dari seseorang, sehingga hasil yang kita peroleh atau dapatkan bisa menjadi lebih maksimal. Semua pekerjaan jika dikerjakan dengan sepenuh hati maka akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itulah banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak umum pada saat ini. Contoh kegiatan untuk berbisnis ketika kita mempunyai hobi memasak, maka kita bisa memulai dengan membeli alat masak dan bahan bahan yang akan dimasak. Dengan begitu, hobi kita terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.

3. Kuasai segalanya tentang bisnis yang kita miliki

Awal mulainya sebuah bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya pada bisnis tersebut. Namun kesempatan berharga itu bisa datang kapanpun, dengan catatan kita harus menguasai segalanya tentang bisnis yang kita jalankan dan selalu siap dalam menjelaskan bisnis yang kita miliki dengan sejelas-jelasnya. Ini menjadi salah satu strategi agar dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan orang yang tepat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image