Pengabdian Masyarakat Universitas Mercubuana Akan Pentingnya Pemanfaatan Internet

Image
Muhammad Fikih
Curhat | Friday, 14 Jan 2022, 16:26 WIB
Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh mahasiswa dan dosen selaku pembimbingnya dalam upaya pemanfaatan internet bagi remaja karang taruna di universitas mercubuana.

Dalam kerangka memberikan bekal kemampuan melalui pendekatan masyarakat, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) guna belajar dari masyarakat. KKN juga mengajarkan mahasiswa belajar membentuk sikap serta perilaku untuk senantiasa peka terhadap permasalahan yang ada di masyarakat.

Mahasiswa menggali pengalaman di tengah masyarakat melalui KKN yang terintegrasi dengan pengabdian masyarakat. Tujuannya untuk memberikan pengalaman pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di bawah bimbingan dosen.

Namun, pandemi Covid 19 membuat pelaksanaan program KKN tidak bisa dilakukan dalam kondisi normal. Pandemi Covid-19 mengharuskan adanya Physical Distance alia menjaga jarak, sehingga berdampak terhadap refocusing model KKN yang dijalankan. Perubahannya adalah New KKN Covid-19 yang dilaksanakan pada 10 Januari 2022.

New KKN dilakukan dengan kelompok terbatas, yaitu 4 orang mahasiswa pada setiap kelompoknya. Penentuan kelompok pada New KKN Covid-19 ini ditentukan sendiri oleh mahasiswa berdasarkan lokasi domisili.

Fokus dari kelompok pengmas di karang taruna secara umum mengadopsi terhadap program yang telah diagendakan sebelumnya.

1. Pemanfaatan internet bagi remaja karang taruna

2. Pembuatan email bisnis untuk karang taruna

3. Tips dan trik menyaring informasi dan hoax

4. Pemberdayaan wirausaha bagi remaja karang taruna

Kelompok kami yang beranggotakan tiga mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Kami melaksanakan New KKN di Karang Taruna RT 004 RW 03 Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat, dengan melakukan langkah-langkah operasional secara daring online. Beragam aktivitas dilakukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang dimotivasi rasa ikhlas untuk membantu remaja karang taruna melalui edukasi kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pemanfaatan internet.

Upaya lain juga dilakukan dengan adanya bantuan kuota untuk pengenalan internet bagi remaja karang taruna. Upaya ini berangkat dari keterpanggilan mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan pengalaman internet bagi remaja karang taruna.

Kegiatan New KKN juga memiliki manfaat yang besar bagi mahasiswa. Tanpa disadari oleh mereka, New KKN dapat mendewasakan pola pikir dan memperdalam wawasan mahasiswa. Program pengabdian masyarakat ini secara tidak langsung membina mahasiswa menjadi seorang motivator, inovator, serta problem solver di tengah masyarakat berdasarkan keilmuannya.

Lewat New KKN ini, para mahasiswa memberikan edukasi terkait pencegahan manfaat internet, membangun solidaritas sosial masyarakat, membantu kapasitas wirausaha masyarakat, membantu proses pembelajaran remaja karang taruna agar mutu pendidikan masih terjamin dan ikut berpartisipasi dalam membantu pemerintahan kota.

New KKN diharapkan mampu meningkatkan kepedulian, kesadaran dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi era digital. New KKN digelar sebagai bentuk upaya edukasi dan pelayanan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, maju dan sejahtera.

Penulis: Muhammad Fikih
Anggota Kelompok : Muhammad Fikih, Rakish Tsani Waladain, Eef Syaiful Effendy

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Observasi Kehumasan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh

Image

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia dalam Mempertahankan Perekonomi

Image

WBP Lapas Brebes Rutin Ikuti Kegiatan Pembinaan Belajar Baca Tulis Al-Qur'an

Image

WBP Nasrani Lapas Brebes Ikuti Perayaan Natal Tahun 2022 Secara Daring

Image

Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah

Image

Pentingnya Rumah Potong Hewan Halal Di Provinsi Jambi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image