Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aisyah Nur Amalia

Guru PAI MAN 3 Bantul Persiapkan Karir Siswa Kelas XII pada Kegiatan Orientasi Skills dan FGD

Parenting | Thursday, 29 Feb 2024, 10:40 WIB

 

Merespons kebutuhan khusus dan mendalam dari siswa-siswi kelas XII Agama, guru PAI MAN 3 Bantul menggelar Orientasi Life Skills dan Focus Group Discussion (FGD) pada Rabu Pagi (17/01/2024) di Joglo Gurame.

Acara ini diinisiasi untuk memberikan persiapan karir yang holistik mengingat konteks kehidupan siswa-siswi ini, yang berada di tahun terakhir mereka di tingkat Madrasah Aliyah.

"Kelas XII Agama memerlukan pendekatan khusus, dan kami menciptakan platform seperti Orientasi Life Skills dan FGD ini untuk memberikan latar belakang yang mendalam dan pemahaman menyeluruh tentang pilihan karir yang mungkin diambil oleh siswa-siswi ini," ungkap Dra. Rusnani, Kepala Unit PAI.

Dengan semangat yang dihadirkan oleh MC, Siti Nur Jannah, S.Pd.I, dan Moderator, Novi Perwitasari, S.H.I, M.H. acara dibuka dengan tujuan menciptakan atmosfer yang kondusif untuk diskusi dan pertukaran gagasan.

Sesi materi pertama yang disampaikan oleh Arief Rahman Nazaruddin, S.Pd., seorang Guru BK kelas XII, memberikan arahan berharga: "Ada yang memilih lanjut kuliah, ada yang memilih kerja, dan juga memilih menikah. Apapun pilihannya, bijaklah mengambil peluang dan bertanggung jawablah di dalamnya, sehingga mampu mencapai kesuksesan."

Muhammad Asrofi, M.Pd., seorang Dosen IIQ An-Nur Ngrukem Bantul, dan Yusrina Nur Syahbani, seorang pengusaha dan alumni MAN 3 Bantul, menjadi narasumber pada sesi kedua.

Dalam pengalaman dan kiat sukses mereka, siswa-siswi mendapatkan wawasan nyata tentang bagaimana meraih keberhasilan. "Semua pilihan memiliki potensi kesuksesan asalkan diambil dengan bijak dan bertanggung jawab," kata Asrofi.

Lebih lanjut, Yusrina menyampaikan pentingnya relasi. "Bangunlah relasi dengan orang-orang sekitar, kenali adik kelasmu, kakak kelasmu dan pihak-pihak luas. Hal itu berguna dalam membangun usaha." Jelasnya.

Harapannya, kegiatan ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang masa depan bagi siswa-siswi kelas XII Agama, membimbing mereka untuk membuat keputusan yang matang dan merancang karir yang sukses. "Semoga dengan kegiatan FGD ini, anak-anak dapat tercerahkan, memiliki tujuan sehingga mampu melakukan perencanaan ke depan yang lebih matang, karir yang baik, dan kesuksesan dunia akhirat, aamiin," tambah Dra. Rusnani. (Mel)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image