Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Atha Irba Falah

Berbagi ilmu dan keterampilan : FISMO Club UMY rutin mengajar di Rumah Belajar Abaca

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 27 Feb 2024, 21:38 WIB

Organisasi kampus mempunyai peran yang besar dalam mencari pengalaman untuk mahasiswa di perguruan tinggi. Dari mulai UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) hingga BSO (Badan Semi Otonom), organisasi kampus memberikan wadah untuk tumbuh secara emosional, keterampilan, dan membangun jaringan sosial yang lebih kokoh. Namun, apakah kalian pernah mendengar organisasi yang bergerak di bidang masyarakat dan secara sukarela mengajar di setiap harinya?

Fisipol Society Empowerment Club yang biasa disebut FISMO Club merupakan kelompok pemberdayaan masyarakat yang mampu menginspirasi masa depan dan khalayak umum. Organisasi ini sebagai bentuk implementasi mahasiswa terhadap masyarakat, bahwa sangat penting untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di dalam kampus ke masyarakat luas agar ilmu yang di dapat lebih bermanfaat. Berbagai macam kegiatan yang dilakukan FISMO Club sendiri banyak diterima dengan sangat baik oleh masyarakat umum.

Organisasi ini mencakup mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta serta dinaungani oleh Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Fisipol Society Empowerment Club sendiri memiliki ruang lingkup internal dan eksternal. Ruang lingkup internal mencakup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sedangkan ruang lingkup eksternal mencakup Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan juga masyarakat umum.

Fismo Club UMY memiliki Program BBF (Belajar Bareng FISMO) dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada Anggota FISMO Club selama 2 hingga 3 periode untuk membantu anak-anak dalam memahami materi yang ada di sekolah. Walaupun kita bukan dari jurusan program studi ilmu pendidikan, tetapi kita tetap semangat mengajar agar bisa bermanfaat bagi banyak orang, serta kita tetap bisa mengasah berbagai ilmu dan keterampilan yang dimiliki tiap individu.

Rumah Belajar Abaca salah satu wadah untuk berbagi ilmu dan keterampilan anggota-anggota FISMO Club UMY, diprogram BBF ini kita bisa recharger energy setelah lelah dengan hiru-pikuk dunia perkuliahan. Kenapa demikian? Karena kita bisa bertemu dengan anak-anak yang memiliki semangat belajar dan memiliki berbagai macam karakter dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Di sini kita tidak hanya mengajar membaca, menulis, berhitung hingga berbagai macam mata pelajaran yang ada di sekolah saja, tetapi kita juga bisa belajar membaca al-quran bersama.

Anggota FISMO Club yang terlibat di dalam kegiatan ini juga sangat antusias dan bersemangat untuk membantu anak-anak belajar dalam memahami segala macam pembelajaran. Mereka juga memanfaatkan kesempatan ini untuk flashback dan mengingat-ingat kembali pembelajara sewaktu di sekolah dahulu. Tentunya kegiatan ini dilaksanakan setiap hari mulai pukul 14.30 hingga 17.00 dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi anak-anak yang belajar di Rumah Abaca. Selain itu, Upaya ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik lagi kedepannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image