Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Corporate PR Dompet Dhuafa

Sedekah Subuh: Amalan Akhirat dan Sosial

Agama | Friday, 16 Feb 2024, 12:12 WIB

Sedekah berasal dari bahasa Arab yakni shodaqoh -dengan kata dasar sidiq- yang berarti kebenaran. Secara istilah, sedekah dapat dimaknai sebagai cara menyumbangkan sebagian harta di jalan Allah dengan niat ikhlas dan tak mengharap balasan apapun kecuali hanya untuk beribadah kepada Allah.

Dalam beberapa waktu tertentu, terdapat keutamaan untuk melakukan sedekah, salah satunya saat waktu subuh.

ilustrasi sedekah subuh

Keutamaan Sedekah Subuh

1. Mendapat Doa dari Dua Malaikat

Amalan yang dilakukan saat subuh, akan turut disaksikan langsung dan didoakan oleh dua malaikat. Terlebih jika bersedekah sambil diiringi oleh doa pada waktu subuh. Dapat membantu terkabulnya doa, memperlancar rezeki, dan memudahkan segala urusan.

"Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, "Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak."

Sedangkan yang satunya lagi berdoa, "Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya."" (HR. Bukhari-Muslim).

2. Sedekah Subuh dapat Menghapus Dosa

Menurut hadist riwayat Tirmidzi, sedekah subuh dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. Dosa - dosa kita akan dihapus dengan pahala kebaikan yang berlimpah dari amalan sedekah.

3. Harta Menjadi Berkah

Sebagian harta yang kita sedekahkan akan bermuara pada kebermanfaatan yang luas. Selain bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, kita pun mendapat ridha Allah SWT. Sehingga harta yang kita keluarkan pun menjadi berkah.

4. Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Dengan sedekah subuh, kita mendapat pahala berlipat ganda serta dihapusnya dosa-dosa maka kita pun bisa menjauhkan diri agar tidak masuk ke dalam neraka jahanam. Keutamaan sedekah ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW,

“Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan sedekah sebutir kurma.”

5. Mendapat Perlindungan di Hari Kiamat

Rasulullah SAW menjelaskan melalui hadits,

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.”

Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihaqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

Ketika di Padang Mahsyar, panasnya matahari akan sangat menyengat sebab jarak matahari akan dekat dengan kepala manusia. Maka, amalan sedekah dapat menjadi naungan bagi para hambaNya.

Apakah sedekah subuh hanya dapat dilakukan dengan memasukkan uang di kotak amal masjid?

Selain dapat dilakukan dengan memasukkan uang di kotak amal setelah salat subuh, sedekah juga dapat dilakukan dengan hal berbuat baik lainnya. Seperti memberi bantuan kepada keluarga atau teman yang sedang membutuhkan atau memberi makan kaum dhuafa pada waktu subuh.

Terlebih ketika kita telah terpapar oleh era digital. Jika tak berkesempatan sedekah subuh di masjid pun kita tetap dapat bersedekah di kesempatan tempat lain.

Salah satunya melalui Dompet Dhuafa App dengan fitur sedekahnya, atau juga dapat dilakukan dengan mengunjungi link https://donasi.dompetdhuafa.org/sedekahsubuh/ .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image