Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas LPKA Klas I Kutoarjo

Optimalkan Program Pembinaan, LPKA Klas I Kutoarjo dan Fakultas Psikologi UNDIP Jalin Kerjasama

Info Terkini | Thursday, 13 Jan 2022, 14:14 WIB
Dok. Humas LPKA Kutoarjo

Kutoarjo (13/01) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kutoarjo terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas program pembinaan untuk Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas). Usai penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) dengan UIN Raden Mas Said, Surakarta Selasa (11/1) lalu.

Hari ini Kamis, (13/1/2022) Kepala LPKA Kutoarjo, Hari Winarca kembali melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, kali ini dengan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang. Tim dari Fakultas Psikologi UNDIP dihadiri oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. phil. Dian Veronika Sakti Kaloeti,S.Psi.,M.Psi.,Psikolog dan Tim Kerjasama Fakultas Psikologi, Costrie Ganes Widayanti,S.Psi.,M.Si.Med.,Ph.D. Sedangkan dari LPKA Kutoarjo turut hadir para pejabat struktural eselon IV dan V.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini dilaksanakan di ruang rapat lantai 2 LPKA Kutoarjo pukul 10.30 WIB yang mencakup ruang lingkup akademik (magang, pelatihan, kurikulum), penelitian (publikasi, seminar), pengabdian kepada masyarakat dan bidang lain yang disepakati.

Dalam keterangannya usai pelaksanaan penandatanganan, Hari Winarca mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan tersendiri atas kehadiran Wakil Dekan Psikologi UNDIP Semarang yang telah jauh-jauh menunjukkan niat baik dan kepedulian terhadap Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas program-program pembinaan di LPKA Kutoarjo.

“Jarak bukan lagi menjadi kendala dan halangan untuk bisa berpartisipasi menunjukkan kepedulian dengan saling bersinergi dan berkolaborasi membina Andikpas. Keterlibatan masyarakat baik institusi pemerintah/swasta, lembaga maupun akademisi dari perguruan tinggi sangat penting untuk bisa melaksanakan sesuai dengan amanah Undang-undang nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak nomor 11 tahun 2012” jelas mantan Kepala LPKA Klas IIA Bengkulu ini.

Lebih lanjut diungkapkan Hari, tahun 2020 lalu kita telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kemenpan dan RB dan InsyaAllah tahun 2022 ini kita siap menuju Wilayah Birokrasih Bersih dan Melayani (WBBM), tentunya dengan tambahan beberapa program layanan unggulan seperti Pojok Konseling Online “POSELINE”. “Dengan menggandeng para psikolog dan akademisi dari Fakultas Psikologi UNDIP sebagai konselornya, maka program ini nantinya akan lebih proporsional lagi dalam meningkatkan kualitas layanan kepada para Andikpas.” harap Hari optimis.

Mewakili Dekan Fakultas Psikologi UNDIP, Prof Dian Ratna Sawitri,S.Psi.,M.Si.,Ph.D, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Dr. phil. Dian Veronika Sakti Kaloeti,M.Psi atau sering disapa Bu Vio, dalam pengantarnya mengatakan pernah berkunjung ke LPKA Kutoarjo pertama kali tahun 2011 dan ketika berkunjung yang kedua kalinya saat ini cukup kaget karena telah berubah signifikan dengan tampilan dan suasana yang lebih colourfull serta ramah Anak.

“Perjanjian Kerjasama merupakan langkah awal yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan kontribusi nyata salah satunya peran kami dalam program layanan unggulan LPKA Kutoarjo yaitu Pojok Konseling Online untuk Andikpas. Kami berharap kerjasama ini nantinya akan berlangsung solid karena merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan.”pungkas bu Vio.**(DW)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image