Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Kenapa Pengidap Kanker Bisa Terserang Anemia?

Info Sehat | Sunday, 11 Feb 2024, 11:43 WIB
Sel darah merah. Foto: Thinkstock via everydayhealth.com.

ANEMIA adalah istilah medis untuk kadar hemoglobin yang lebih rendah dari normal. Hemoglobin adalah protein kaya zat besi dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke sel-sel tubuh kita.

Sejauh ini, ada tiga biang penyebab utama yang bisa menyebabkan rendahnya kadar hemoglobin. Apa saja? Pertama, kehilangan darah. Kedua, penurunan produksi sel darah merah. Dan ketiga, tingginya tingkat penghancuran sel darah merah.

Tatkala tubuh kita tak memiliki cukup hemoglobin, kemampuan tubuh untuk mengantarkan oksigen ke jaringan dalam tubuh kita otomatis berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kita mengalami gejala-gejala seperti kelelahan, sesak napas, dan bahkan kehilangan kesadaran saat anemia bertambah parah.

Anemia yang parah dan tidak diobati dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Termasuk depresi, gangguan jantung seperti aritmia dan pembesaran jantung, serta peningkatan risiko infeksi.

Salah satu kelompok yang rentang mengalami anemia adalah penderita kanker. Mengutip laman verywellhealth.com, kanker dapat memengaruhi produksi dan penyimpanan sel darah merah, lewat hal-hal berikut ini.

Pertama, kehilangan darah. Tumor dapat menyebabkan pendarahan [bleeding]. Ini menyebabkan pasien kanker kehilangan banyak darah.

Kedua, penggantian sumsum tulang. Beberapa jenis kanker, seperti limfoma atau metastasis dari kanker payudara, dapat menyerang sumsum tulang dan menggantikan sel-sel sumsum tulang yang membuat sel darah merah, sehinggpa pasien kekurangan darah.

Ketiga, kekurangan nutrisi. Kanker dapat menurunkan nafsu makan. Selain itu, kemoterapi juga dapat menyebabkan sariawan dan perubahan rasa sehingga pasien sulit untuk makan. Ini pada gilirannya dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, termasuk kekurangan zat besi, dan akhirnya menyebabkan anemia.

Penanganan anemia pada penderita kanker mencakup pengobatan penyebab utama anemia dan pengobatan yang ditujukan untuk mengatasi anemia itu sendiri, terutama jika anemia menyebabkan gejala atau telah berkembang dengan cepat. Salah satunya yaitu melalui transfusi darah.

Jika diri Anda mengalami gejala anemia, lebih-lebih lagi jika didiagnosa mengidap kanker, segeralah berkonsultasi dengan tim dokter Anda. Jangan sampai menunda-nunda.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image