Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thresia Antiq

Pemimpin Yang 'Dirindukan' Rakyat

Gaya Hidup | Thursday, 08 Feb 2024, 19:01 WIB

Hiruk pikuk Pemilu 2024 sudah mulai dirasakan masyarakat. Ketiga kandidat Calon Presiden dan Wakil Presiden sudah memaparkan visi dan misinya melalui Debat Capres dan kampanye yang telah digelar. Di sepanjang jalan dipasang baliho Capres-Cawapres serta Calon anggota legislatif. Media sosial juga ramai dengan dukungan kepada Capres-Cawapres 'favorit' nya.

Tepatnya 14 Februari 2024 nanti rakyat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi melalui Pemilu. Lantas kriteria pemimpin seperti apakah yang 'diidamkan' dan 'dirindukan' rakyat Indonesia. Tentu masing-masing orang memiliki opini yang berbeda. Namun, pada hakikatnya ada beberapa kriteria pemmpin yang baik.

1). Pemimpin yang jujur.

Sikap jujur menjadi sifat yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Sifat kejujuran merupakan suatu nilai yang sangat bermakna. Kita bisa mencontoh seorang pemimpin kita yakni Nabi Muhammad SAW. Dalam diri beliau sudah ditanamkan sifat jujur, sifat itu menjadi sumber dari sikap amanah atau dapat dipercaya. Sikap-sikap mulia itu terkandung dalam QS. An Nisa ayat 58-59.

2). Pemimpin yang amanah.

Orang amanah itu harus ikhlas dan tahan kritik. Jika seorang pemimpin tidak mau dikritik, berarti dia tidak ikhlas. Itu artinya bukan pemimpin yang amanah. Selain ikhlas, orang amanah juga harus bertanggungjawab kepada Allah SWT.

3). Pemimpin yang Bertanggung Jawab.

Pemimpin yang baik harus memiliki sifat tanggungjawab. Sifat amanah dan bertanggung jawab ini akan berpengaruh pada setiap keputusan yang akan diambilnya.

4). Pemimpin yang Ahli dan Cerdas.

Seorang pemimpin haruslah orang yang ahli dan cerdas. Keahlian ini meliputi berbagai hal, termasuk menata kenegaraan yang akan membawa negara dan rakyat pada kestabilan di berbagai bidang, baik kemananan, ekonomi, politik, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Memberikan kepercayaan kepada yang bukan ahlinya bisa berdampak buruk bagi kehidupan rakyat yang dipimpinnya.

5). Pemimpin yang Mencintai dan Dicintai Rakyat.

Kriteria pemimpin yang layak dipilih yaitu yang dicintai dan mencintai rakyatnya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda. "Sebaik-baik pemimpin kalian adalah orang-orang yang kalian cintai dan mencintai kalian, kalian mendoakan mereka dan mereka pun mendoakan kalian."

Siapapun pemimpin negara yang akan terpilih pada Pemilu nanti semoga mampu mengemban amanah dengan baik, membawa negara Indonesia menjadi lebih baik, menata berbagai bidang kehidupan dengan baik, dan menjadi wakil rakyat yang dapat menjadi panutan serta dapat mengayomi masyarakat dengan baik. Jadi sebagai rakyat yang baik, kita gunakan hak pilih kita pada Pemilu 2024 nanti !

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image