Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

7 Kiat Sederhana Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Info Terkini | Monday, 05 Feb 2024, 16:41 WIB
sumber gambar: freepik.com

Musim hujan adalah anugerah, karena bumi beserta isinya dapat memperoleh limpahan Rahmat dari setiap air hujan yang turun membasahi bumi. Namun, cuaca lembab juga tak sedikit memberikan pengaruh pada kesehatan kita. Hujan yang berkepanjangan dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri dan virus untuk berkembang.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah preventif guna menjaga kesehatan saat musim hujan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu sahabat UCare untuk tetap sehat selama musim hujan!

1. Menjaga Kebersihan Tangan: Cuci tangan secara teratur dengan sabun antiseptik setelah beraktivitas di luar ruangan atau sebelum menyentuh makanan. Kebersihan tangan berpengaruh terhadap kesehatan itu menjadi langkah pencegahan terjadinya penyebaran infeksi.

2. Konsumsi Makanan Bergizi: Pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sertakan pada setiap makanan yang masuk terdiri dari protein, sayur, buah-buahan dan makanan yang mengandung vitamin.

3. Kenakan pakaian yang Tepat: Saat keluar dari rumah saat musim hujan hindari basah kuyup dengan selalu menyediakan payung, jas hujan, dan sepatu yang tahan air. Pakaian yang basah dapat menurunkan suhu tubuh dan meningkatkan risiko penyakit. Apalagi bila bepergian, gunakanlah jas hujan.

4. Pertahankan Kebersihan Lingkungan: Pastikan lingkungan di sekitar bersih dan kering. Air yang tergenang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk dan bakteri. Hindari genangan air di sekitar rumah.

5.Tetap Aktif: Tetap menjaga kebugaran tubuh dengan selalu bergerak aktif dan upayakan selalu berolahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

6. Gunakan masker bila di tempat umum: Hindari terpapar udara dingin dan lembab terlalu lama. Gunakan penutup mulut dan hidung jika perlu seperti masker terutama saat berada di tempat umum.

7. Cukup Istirahat: Pastikan untuk memperoleh istirahat yang cukup. Tubuh yang lelah cenderung lebih rentan terhadap infeksi.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, sahabat dapat lebih optimis agar tetap sehat dan aktif selama musim hujan. Kesehatan adalah investasi yang penting, dan langkah preventif ini dapat membantu sahabat menghindari masalah kesehatan yang umum terjadi selama terjadinya musim hujan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image