Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

5 Cara Membuka Pintu Rezeki dalam Al-Quran

Agama | Wednesday, 31 Jan 2024, 16:01 WIB
sumber gambar: freepik.com

Rezeki merupakan salah satu hal penting dalam hidup manusia. Setiap muslim tentu harus belajar memahami bahwa konsep rezeki pada hakikatnya telah diatur oleh Allah SWT. Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam, memberikan petunjuk dan rahasia-rahasia agar mendapat jalan untuk membuka pintu rezeki. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa ayat Al-Quran yang mengandung rahasia membuka pintu rezeki.

Apa saja amalan untuk membuka pintu rezeki yang tertuang dalam Al-Quran?

1. Tawakkal dan Berdoa dengan Yakin

Setiap insan dianjurkan untuk senantiasa tawakkal (bertawakal) kepada Allah dan berdoa dengan yakin sebagai kunci utama membuka pintu rezeki. Allah berfirman dalam surat Hud ayat 123, "Dan kepunyaan Allah-lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya-lah dikembalikan urusan-urusan semuanya, maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. Dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan.

Tawakkal adalah tindakan berserah diri sepenuhnya kepada Allah, sementara berdoa dengan yakin menunjukkan keyakinan penuh bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya. Tentunya sertakan tawakkal setelah ikhtiar dilakukan.

2. Menafkahkan harta di Jalan Allah SWT

Dalam surat Al-Baqarah ayat 261, Allah berfirman, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Menafkahkan harta di jalan Allah SWT seperti menolong sesama adalah amalan yang mendatangkan keberkahan dan membuka pintu rezeki. Berbagai bentuk kebaikan seperti sedekah, menolong sesama, dan berbagi rezeki akan mendatangkan keberkahan dalam hidup.

3. Sabar dan Dirikan Shalat

Dalam surat Al-Baqarah ayat 45, Allah berfirman, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'" Berusaha dengan Ikhlas, lalu sertakan sabar dan shalat sebagai penolong adalah langkah penting untuk membuka pintu rezeki. InsyaAllah dengan sabar dan shalat tersebut akan mengantarkan pada banyak kebaikan.

4. Berzakat dan Berinfak

Ayat-ayat yang mendorong umat Islam untuk berzakat dan bersedekah banyak terdapat dalam Al-Quran. Salah satunya adalah surat Al-Baqarah ayat 267, artinya: “Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Menunaikan zakat dan bersedekah merupakan bentuk ketaatan kepada Allah dan tindakan yang membuka pintu rezeki yang melimpah.

5. Berterima Kasih dan Bersyukur

Dalam surat Ibrahim ayat 7, Allah berfirman, "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.'" Bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah merupakan kunci untuk membuka pintu rezeki yang lebih besar.

Membuka pintu rezeki menurut Al-Quran melibatkan kombinasi tawakkal, berdoa, berbuat baik, berusaha dengan ikhlas, berzakat, dan bersyukur. Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk ini, umat Islam diharapkan dapat mendapatkan keberkahan dan kelimpahan rezeki dari Allah SWT. Ingatlah bahwa rezeki bukan hanya sebatas harta materi, tetapi juga mencakup keberkahan, kesehatan, dan kedamaian dalam hidup.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image