Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Pejuang Kemanusiaan

Banjir Bandang rendam rumah warga, RNPB LAZNAS LMI Turunkan relawan

Kabar | Tuesday, 30 Jan 2024, 14:46 WIB
Relawan Bersihkan Rumah Warga

Pasuruan - Selasa 30 Januari 2024 Tim RNPB Laznas LMI segera berangkat setelah mendapatkan informasi terkait banjir bandang yang terjadi di Pasuruan.

Banjir bandang menerjang 3 wilayah Kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Sabtu (27/01/2024) malam.

Dari 3 wilayah, banjir paling parah menerjang di Desa Prodo, Kecamatan Winongan sekitar 300 rumah warga yang terendam banjir.

Imron warga dusun Jetis mengatakan "banjir kali ini membawa endapan lumpur setinggi 10-60 sentimeter. Dan paling banyak terdampak adalah Dusun Jetis ada 85 rumah yang terendam. Selain permukiman, banjir lumpur juga membuat jembatan gendol bergeser sepanjang 1 meter. katanya.

Penyebab banjir bandang tak lain karena intensitas hujan yang tinggi mengguyur di wilayah hulu selama berjam-jam. Akibatnya, DAS (daerah aliran sungai) Rejoso dan DAS Lawean meluap hingga meluber ke jalan maupun permukiman warga.

"Banyak barongan bambu yang tersangkut di jembatan, tambahnya.

Lilik Koordinator RNPB Pasuruan menjelaskan "kami segera berangkat ke lokasi dan hasil asesmen awal lokasi banjir selain di Winongan, banjir juga menggenang di sepanjang jalan Desa Pasar dan Desa Penunggul di Kecamatan Nguling, tapi banjir hanya berlangsung selama beberapa saat, dan kondisi sekarang sudah surut. jelasnya.

Jembatan penghubung Desa Lumbang - Desa Pancur juga putus dan mengakibatkan jalan lumpuh total sejauh 400 meter.

Supervisor DPB Laznas LMI Susanto menjelaskan Atas hasil asesmen tim RNPB Pasuruan kami segera mengirim 8 personil melakukan asesmen di lokasi. Termasuk pembersihan material endapan lumpur di jalan permukiman warga dan Mushola di dusun Jetis. jelasnya.

Banjir lumpur yang merendam Desa Prodo, dusun jetis Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Seluruh warga yang terdampak dan relawan sekarang bekerja bakti membersihkan sisa endapan lumpur dengan menggunakan sekop manual, lebih cepat kalau menggunakan alkon dan alat berat lainnya.

Ada 3 dusun yang terdampak di Desa Prodo, yakni Dusun Jetis, Dusun Margo Utomo, dan Dusun Gendol. Air yang merendam pemukiman tiga dusun tersebut sekarang sudah surut, tapi material lumpur masih tersisa di sekitar pemukiman" tutupnya. (Snt)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image