Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Pejuang Kemanusiaan

Banjir Bandang Winongan Rendam Ratusan Rumah Warga

Info Terkini | Tuesday, 30 Jan 2024, 11:05 WIB
warta, Abu umar, Pict Relawan LMI

Banjir Bandang Winongan Kabupaten Pasuruan

Pasuruan, Selasa 30 Januari 2024 Relawan dari LAZNAS LMI menurunkan tim rescue sebanyak 8 orang di antaranya Lilik Handayani, Faris Jibran, Rizqi Dwi Setiawan, Arif, Andri, Irfan, Dhani, Sastro, Susanto untuk membantu warga melakukan pembersihan rumah warga yg terdampak materian banjir sampai dengan masa tanggap darurat selesai. Selain itu tugas dari LMI RESCUE Berkoordinasi dengan Beberapa Pihak terkait, Melakukan Giat Assesment, Mapping daerah terdampak.

Hujan Deras selama 2 jam pada Sabtu, 27 Januari 2024 Pukul 15.00 - 17.00WIB di Kecamatan Winongan. Akibat curah hujan dengan intensitas sedang-tinggi yang menguyur di tambah lagi hujan yg sama di area hilir daerah Lumbang, menyebabkan sekitar 4 dusun dihantam banjir yg membawa material air bercampur lumpur, patahan pepohonan, dll.

Banjir bandang tersebut memasuki pemukiman warga, lahan pertanian, sekolah , juga menghambat akses jalan warga. Kurang lebih 50 cm tinggi rendaman lumpur yg menggenangi wilayah terdampak.

Banjir ini merendam sebaian Dusun Prodo, Dusun Jetis, Dusun Gendol, Dusun Margoutomo semua berada di Desa Prodo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan jawa Timur.

Dampak dari banjir bandang ini mengakibatkan Terhambatnya aktivitas perekonomian masyarakat, pendidikan, ibadah, dan administrasi warga dan Terendamnya kurang lebih 4 dusun , 1600 KK Rumah Warga , 1 sekolah dasar, putusnya akses jalan , Akses jalan masih terputus tertutup lumpur, sekolah terdampak masih dibersihkan seadanya oleh para guru, aktivitas belajar siswa di rumahkan / daring, lahan pertanian warga masih terendam lumpur dan dahan pohon, lapangan desa masih terendam material lumpur, hujan masih intensitas tinggi / deras.

Kerugian masih Proses pendataan, dan tidak ada korban dal kejadian ini, kemudian pengungsi belum terdata karena warga masih focus membersihkan rumahnya di bantu oleh para relawan.

Adapun Kebutuhan Mendesak dilokasi banjir bandang adalah Peralatan Mandi, Pampres bayi/balita, Sembako, obat-obatan, alat kebersihan, air bersih / minum, alat berat becho

Rencana dan yg sudah dilakukan tim Rescue LMI di antaranya Giat Relife pembersihan sekolah dan akses jalan penghubung utama antar dusun, Monitoring area terdampak, Pembagian sembako, Pembagian alat kebersihan, Pembagian hygiene kit, Pemberian buku/ peralatan sekolah

RNPB

LAZNAS LMI

Kantor Pusat : Jl. Barata Jaya XXII/20 Surabaya

Sumber Data :

• Assessment mandiri relawan RNPB PASURUAN

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image