Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apron IDN

Ayo ke Gayo Lues, Ayo Naik Penerbangan Perintis Via Bandara Blangkejeran

Info Terkini | Wednesday, 12 Jan 2022, 20:07 WIB

Penikmat kopi pasti kenal kopi Gayo. Kualitas dan rasa tidak diragukan lagi. Namun akan lebih terasa sensasinya bilamana meneguk secangkir kopi di tempatnya. Maka, datanglah ke Gayo Lues di Aceh.

Gayo Lues ini merupakan kabupaten dengan Ibu Kota Blangkejeran. Luas kabupaten ini 5.549,91 km². Kopi menjadi komoditas utama di dataran tinggi Gayo, termasuk Gayo Lues. Untuk meningkatkan kualitas kopi, di Gayo Lues sering diselenggarakan festival kopi, bahkan lomba, semisal lomba sortir green been, lomba roasting, dan lomba cupping. Kerap pula ada jelajah kopi dengan memamerkan cara proses pengolahan biji kopi menjadi kopi yang nikmat untuk diminum. Terdapat juga acara seru semacam pesta kopi. Pendeknya, urusan kopi, Gayo Lues tempatnya.

Ayo ke Gayo Lues, naik saja penerbangan perintis. Pesawat ini menjelang mendarat di Bandara Blangkejerean ( Foto : @armiya_jailani)

Barangkali muncul pertanyaan, bagaimana caranya menuju Gayo Lues? Ada yang bilang, lama di jalan. Itu sih lewat darat. Lewat darat jelas menguras energi. Dari Medan ke Blangkejeren membutuhkan waktu 8 hingga 9 jam. Sementara itu, Blangkejeren – Banda Aceh butuh 12 jam perjalanan. Banyak jalanan berkelok, naik turun cukup tajam. Maklumlah, Gayo Lues memang daerah berbukit. Maka dari itu banyak pula yang menyebutnya sebagai "Negeri Seribu Bukit".

Pilihlah transportasi udara. Jika memanfaatkan moda transportasi udara, Banda Aceh ke Blangkejeran butuh 1 jam 15 menit. Tersedia penerbangan perintis.

Nah, penerbangan perintis itu menerbangi rute Banda Aceh - Blangkejeran. Dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) di Banda Aceh menuju Bandara Blangkejeran maupun sebaliknya. Terbang setiap hari Rabu. Pada Rabu ( 12/1/2022 ) ini merupakan penerbangan perdana untuk Tahun Anggaran 2022. Penerbangan memakai Cessna Grand Caravan milik Susi Air itu berangkat dari Bandara SIM pukul 08.00 WIB dan mendarat di Bandara Blangkejeran pukul 09.10 WIB. Sepuluh menit kemudian pesawat terbang kembali ke Bandara SIM.

Seremonial penerbangan perdana angkutan udara perintis di Bandara Blangkejereran, Rabu ( 12/1/2022) - Foto: @armiya_jailani

Jangan-jangan tiketnya mahal? Jangan khawatir, penerbangan perintis disubsidi pemerintah sehingga harga tiket lebih murah dibandingkan penerbangan komersial. Berdasarkan pemberitahuan Susi Air, harga tiket Bandara SIM ke Bandara Blangkejeran Rp 450.300. Sebaliknya dari Bandara Blangkejeran Rp 375.300.

Oh ya, rute penerbangan perintis Bandara SIM ke Bandara Blangkejeren merupakan salah satu dari 244 rute yang ada di penjuru Indonesia pada tahun 2022 ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, tahun ini, penyelenggara angkutan udara perintis dilayani 21 koordinator wilayah (Korwil) dengan jumlah rute penumpang sebanyak 244 rute penerbangan dan angkutan udara perintis kargo sebanyak 41 rute serta 1 rute subsidi angkutan udara kargo.

Pesawat Susi Air mendarat di Bandara Blangkejeran. Jenis pesawat ini digunakan dalam penerbangan perintis ( Foto: armiya_jailani)

"Sebelumnya pada Tahun 2021, hanya dilayani 20 Korwil dengan jumlah rute penumpang sebanyak 208 rute penerbangan dan angkutan udara perintis kargo sebanyak 38 rute, serta 1 rute subsidi angkutan udara kargo," ujar Novie dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/1/2022) tadi. (@apron.idn)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image