Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Program Studi PGSD Unisri Surakarta selenggarakan Workshop Penulisan Ilmiah bagi Guru SD

Guru Menulis | Monday, 29 Jan 2024, 23:00 WIB
Workshop Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD yang diselenggarakan oleh prodi PGSD Unisri Surakarta/Foto : Firly

Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan Universitas Slamet Riyadi Surakarta menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD. Acara berlangsung di Gedung A Sidang Lama Lantai 3 Kampus Unisri Surakarta.

Acara yang berlangsung pada Selasa (22 Januari 2024) ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidang penulisan artikel ilmiah yaitu Jumanto, S.Pd.,M.Pd dan Ema Butsi P, S.Pd., Mpd.

Acara diawali dengan sambutan oleh Mukhlis Mustofa, S.Pd., M.Pd, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FKIP Unisri Surakarta, Dr.Anita Trisiana S.Pd., MH.

Dalam sambutannya, Dr. Anita mengatakan tujuan workshop ini adalah untuk membantu para guru sekolah dasar aktif menulis artikel ilmiah. “Saya berharap acara ini dapat bermanfaat bagi guru Sekolah dasar agar supaya bisa aktif dalam menulis artikel ilmiah bersama dengan acara workshop penulisan karya tulis ilmiah kali ini. Selain itu hubungan kerja sama yang selama ini terjalin antara Sekolah dasar dengan Unisri Surakarta bisa berjalan dengan baik serta berkelanjutan,” kata Anita.

Sementara itu, dalam handoutnya, pembicara pertama Jumanto menyampaikan informasi tentang manfaat penulisan ilmiah bagi guru sekolah dasar.

Sedangkan pemateri kedua, Etma Butsi, menjelaskan mengenai teknik dan metode submit artikel ilmiah ke jurnal bergengsi.

“Bagi guru SD, penulisan ilmiah sangatlah penting, selain bermanfaat bagi diri sendiri, juga bermanfaat bagi siswa, bahan ajar, wawasan, menyadarkan ilmu, mempromosikan dan yang lebih penting lagi memberikan semangat kepada para guru untuk selalu terus mengumpulkan artikel dan dokumen dari berbagai sumber.

terkait dengan apa yang telah ditulis dan diteliti”, tambah Jumanto saat workshop.

Workshop penulisan ilmiah ini menghadirkan perwakilan guru sekolah dasar di wilayah Surakarta. Acara tersebut dihadiri perwakilan 16 guru SD se-Kota Surakarta.

“Hasil dari workshop hari ini diharapkan supaya guru Sekolah dasar dapat melakukan submitn artikel ilmiah secara mandiri untuk meningkatkan karya ilmiahnya dengan bantuan dosen pendamping dan memperbanyak kutipan artikel ilmiah,” kata Ema Butsi dalam acara tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan proyek penyiapan artikel untuk dilakukan publikasi dengan pembimbingan dosen pendamping dari prodi PGSD Unisri Surakarta.

Metode pembelajaran yang digunakan dalam workshop tersebut adalah dengan metode Blended learning. Metode Blended Learning sendiri merupakan metode pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka (synchronous) dengan pembelajaran tidak langsung atau mandiri yang dapat dilakukan kapan saja (asynchronous).

Dalam acara tersebut para guru SD terlihat antusias serta aktif dalam bertanya dalam kegiatan workshop Penulisan karya Tulis Ilmiah. Program tersebut akan terus dilakukan secara berkelanjutan dengan pendampingan dari dosen prodi PGSD Unisri Surakarta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image