Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Buah Kiwi Sang Permata Nutrisi

Gaya Hidup | Thursday, 25 Jan 2024, 15:30 WIB
Buah kiwi kaya vitamin C dan antioksidan. Foto: Desy Susilawati/Republika via republika.co.id.

MESKIPUN manfaatnya dalam meningkatkan suasana hati dan mengurangi depresi telah diketahui, dampak cepat dari makanan maupun suplemen kaya vitamin C terhadap peningkatan suasana hati belum dieksplorasi secara ekstensif sampai sekarang.

Untuk mengeksplarasi hal tersebut, tim peneliti dipimpin oleh Profesor Tamlin Conner dan Dr. Ben Fletcher, dari University of Otago, Selandia Baru, melaksanakan penelitian dengan jalan melakukan intervensi diet selama 8 minggu yang melibatkan 155 orang dewasa dengan kadar vitamin C rendah.

Para peserta ini dibagi menjadi tiga kelompok, menerima suplemen vitamin C, plasebo, atau dua buah kiwi setiap hari. Pengalaman mereka tentang vitalitas, suasana hati, pertumbuhan, kualitas dan kuantitas tidur, dan aktivitas fisik dilacak dengan cermat melalui survei ponsel pintar.

Dr. Fletcher, yang mencatat bahwa bahkan partisipan dengan kesehatan mental yang relatif baik pun melaporkan manfaat dari intervensi buah kiwi atau vitamin C. Dr. Fletcher lebih lanjut menyoroti kontribusi penelitian ini untuk memahami nuansa harian dari diet dan kesehatan mental.

"Hal ini membantu kita melihat bahwa apa yang kita makan dapat memiliki dampak yang relatif cepat terhadap apa yang kita rasakan. Partisipan kami memiliki kesehatan mental yang relatif baik sejak awal sehingga hanya memiliki sedikit ruang untuk perbaikan, tetapi masih melaporkan manfaat dari intervensi buah kiwi atau vitamin C," katanya, seperti dikutip earth.com.

"Kami mendorong pendekatan holistik terhadap nutrisi dan kesehatan, dengan memasukkan berbagai makanan kaya nutrisi ke dalam makanan," jelas Dr. Fletcher.

Penelitian ini sendiri mempromosikan pendekatan holistik terhadap nutrisi dan kesejahteraan, dan juga memperkenalkan metode baru dalam penelitian nutrisi melalui penggunaan survei ponsel pintar yang intensif. Pendekatan ini menawarkan wawasan waktu nyata tentang perubahan terkait suasana hati.

"Penggunaan survei ponsel cerdas intensif menawarkan pemahaman real-time tentang perubahan sehari-hari dalam hasil yang berhubungan dengan suasana hati," kata Profesor Conner.

Singkatnya, penelitian University of Otago ini menyajikan bukti yang meyakinkan untuk sifat-sifat yang meningkatkan suasana hati dari buah kiwi.

Penelitian ini juga mendorong pendekatan yang lebih holistik terhadap pilihan makanan, dengan menekankan pentingnya memasukkan berbagai makanan kaya nutrisi untuk kesehatan mental secara keseluruhan.

Selain itu, penelitian ini memperluas pula pemahaman kita tentang hubungan antara pola makan dan suasana hati, sekaligus memberikan cara yang sederhana dan mudah diakses bagi individu untuk mendukung kesehatan mental mereka.

Terkait buah kiwi sendiri, buah ini merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi. Buah yang aslinya berasal dari Tiongkok ini, kaya kandungan vitamin C. Satu buah kiwi saja sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian kita.

Seperti kita ketahui, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan bahkan memainkan peran penting dalam penyerapan zat besi.

Di samping kaya vitamin C, buah Kiwi merupakan sumber serat makanan yang luar biasa, membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Serat dalam kiwi juga berkontribusi pada kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol.

Buah kiwi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin K, vitamin E, dan kalium. Nutrisi ini mendukung kesehatan tulang, mencegah pembekuan darah, dan mengatur tekanan darah.

Profil rendah kalori buah ini, dikombinasikan dengan kandungan nutrisi dan seratnya yang tinggi, menjadikannya camilan yang ideal bagi mereka yang ingin mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Selain itu, buah kiwi mengandung antioksidan seperti karotenoid dan flavonoid, yang memerangi stres oksidatif dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Namun, yang membedakan buah kiwi adalah potensi dampaknya terhadap kualitas tidur. Penelitian menunjukkan bahwa kadar antioksidan dan serotonin yang tinggi dapat membantu meningkatkan durasi dan kualitas tidur.

Singkatnya, buah kiwi adalah permata nutrisi. Dengan berbagai manfaat kesehatannya, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga meningkatkan kualitas tidur, tidak heran buah kiwi mendapatkan reputasinya sebagai buah super.

Jika mencari camilan yang sehat dan menyegarkan, pilihlah kiwi!***

__

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image