Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aziz Cahyono

Anda Terkena Peringatan Gojek? Ini yang Wajib Diketahui!

Edukasi | Tuesday, 23 Jan 2024, 17:02 WIB

Sebagai pengemudi atau driver Gojek, tentu anda harus mengikuti segala aturan yang sudah ditetapkan dan sudah disepakati bersama. Ketika melanggar, maka para pengemudi bisa terkena peringatan dari Gojek.

Adapun peringatan yang diberikan biasanya berupa pesan penting di kotak masuk aplikasi Gojek. Ketika terus melakukan pelanggaran, maka akun driver bisa ditangguhkan atau di suspend. Bahkan akun tidak bisa dipakai kembali.

Karena begitu penting menjaga akun, tentu anda sebagai driver ojek online Gojek harus mengikuti segala aturan dari perusahaan tersebut. Selain itu, harus mengetahui tanda-tanda bahwa akun anda terkena peringatan Gojek, walaupun merasa tidak melanggar.

Untuk mengetahui tanda-tanda bahwa anda terkena peringatan Gojek, kami di kesempatan kali ini berusaha memberi penjelasannya secara lengkap. Bagi pengemudi atau driver, silakan bisa simak artikel berikut.

Aturan Driver Gojek

Setiap perusahaan tentu ketentuan aturan bagi para pekerja, termasuk di Gojek. Apalagi sebuah perusahaan besar yang sudah lama berdiri sejak tahun 2010. Untuk menjaga perusahaannya tetap namanya baik, maka ditentukan aturan atau tata tertib bagi driver.

Berdasarkan sumber dari halaman Masojol.com, Gojek punya tiga tata tertib utama. Antara lainnya adalah transparan, keadilan, serta kenyamanan. Berikut untuk penjelasan jelasnya tiap tartib tersebut.

  1. Pengemudi atau driver wajib menjaga kepercayaan antara mitra melalui peraturan yang transparan.
  2. Pengemudi atau driver wajib mewujudkan keadilan untuk seluruh mitra Gojek.
  3. Pengemudi atau driver wajib memberikan kenyamanan untuk mitra serta pelanggan saat beraktivitas.

Itulah beberapa aturan tata tertib yang sudah ditekan oleh perusahaan Gojek. Sebagai driver tentu harus memperhatikan hal tersebut. Apabila tidak, maka anda bakal terkena peringatan Gojek.

Jenis Peringatan Gojek

Setelah mengetahui tata tertib, kemudian anda perlu mengetahui beberapa jenis peringatan dari Gojek. Setidaknya ada dua peringatan. Dua peringatan tersebut dikeluarkan berdasarkan pelanggaran yang dilakukan.

Dua peringatan tersebut yakni peringatan tingkat 1 dan tingkat 2. Untuk peringatan tingkat pertama terjadi apabila driver melakukan pelanggaran 5 kali. Sedangkan peringatan tingkat kedua terjadi apabila driver Kembali melanggar aturan sebanyak 4 kali.

Simulasi Peringatan dan Sanksi di Gojek

Ketika anda masih bingung mengenai penjelasan di atas, kami akan berikan simulasi peringatan beserta sanksi bagi para driver Gojek. Adapun simulasi nya bisa simak ulasan di bawah ini:

  1. Driver dapat pesan peringatan melalui aplikasi Gojek karena ada pelanggan yang lapor bahwa driver bau badan.
  2. Kemudian, di sembilan hari berikutnya, driver kembali mendapat laporan jika kena suspend 30 menit karena ada laporan motornya tidak nyaman.
  3. Lalu, di dua puluh hari kemudian driver belum memperbaiki kesalahan pertama disebabkan ada laporan lagi bau badan. Karena belum memperbaiki kesalahan, maka insentif harian dinonaktifkan selama 3 hari.
  4. Di hari berikutnya, driver telah memperbaiki pelanggaran dengan mengganti pakaian yang lebih wangi. Akan tetapi, terdapat laporan lainnya bahwa driver terlambat jemput pelanggan. Pelanggaran ini sudah di Tingkat pertama yakni terkena suspend 7 hari.
  5. Selanjutnya driver telah memperbaiki kesalahan-kesalahan terdahulu. Namun, di hari tertentu dia kembali kena sial karena membatalkan order pesanan makanan dengan alasan tidak sesuai. Dengan adanya pelanggaran tersebut, maka driver kena putus mitra.

Dari penjelasan simulasi peringatan dan sanksi di atas, perlu dicatat bahwasanya tingkatan sanksi tidak mempengaruhi tingkatan sanksi lainnya. Misalnya melakukan pelanggaran tingkat 1 dan 2, maka driver akan dikenakan sanksi dari pelanggaran tingkat tersebut.

Mekanisme Pengajuan Banding Putus Mitra

Mendapati sanksi pemutusan mitra tentu tidak mengenakan bagi driver, semuanya sudah tertera jelas di peraturan. Tapi tenang saja, bagi anda yang terkena sanksi, maka masih bisa melakukan banding. Untuk caranya sangatlah mudah. cukup lakukan Langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman status akun serta sanksi.
  2. Pilih kartu sanksi yang diajukan.
  3. Klik tombol banding.
  4. Kemudian isi formulir banding, lalu klik Kirim.

Kesimpulan

Setelah membaca keseluruhan ulasan di atas, akhirnya kita mendapatkan penjelasan bagaimana proses peringatan pada Gojek terjadi. Bisa disimpulkan bahwasanya proses terjadinya peringatan karena adanya kesalahan, kekurangan, serta laporan dari pelanggan.

Kiranya itu ulasan dari kami ketika anda terkena peringatan dari Gojek. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa dijadikan sebagai informasi bermanfaat bagi para pengguna Gojek, ter khusus bagi para driver yang telah bekerja sama dengan perusahaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image