Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Dunia Tersembunyi di Balik Kejadian Modus

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 21 Jan 2024, 22:22 WIB

Judul buku : Modus

Penulis : Kamal Agusta

Penerbit : Bentang pustaka

Terbit : 2018 jumlah

Halaman : 268 halaman

ISBN :978-602-430-305-1

Kamal Agusta telah berhasil menerbitkan sejumlah novel karyanya. Kelima novel itu adalah I Found You in Natuna, Selalu Denganmu, Irish, dan Modus. Kamal Agusta hingga saat ini masih aktif untuk menulis di platform Wattpad. Bagi kalian yang ingin membaca karya-karya Kamal Agusta, kalian bisa mengikuti akun Wattpadnya yang bernama @Kamalagusta. Bagi kalian yang ingin mengenal sosok Kamal Agusta lebih dalam juga bisa mengikutinya di Instagram @Kamalagusta dan Twitter @KAgusta.

Ghazi mulai merasa keputusan untuk datang menemui Joya adalah salah besar. Seharusnya Ghazi langsung pulang saja tadi setelah bel pulang sekolah berbunyi nyaring. Kalau begitu, dia tidak perlu terjebak di taman belakang sekolah yang sepi dengan cewek yang tidak jelas kewarasannya. Joya menyauti Ghazi yang mengatainya gila.

Dari kisah ini kita dapat belajar bahwa jatuh cinta mampu membuat orang menjadi terobsesi dan egois. Jatuh cinta juga dapat membuat orang menjadi lebih sensitif. Lalu, jatuh cinta juga bisa membuat orang berpikir bahwa ia merupakan pusat dari segala kehidupan di dunia. Dengan kata lain, jatuh cinta dapat membuat seseorang lupa diri

Ia menyatakan bahwa benar dia memang gila, lebih tepatnya tergila-gila dengan abang Ghazi. Maka dari itu, Ghazi harus bertanggung jawab! Ghazi tentunya menyangkal, karena dia tidak melakukan apa-apa, jadi dia tak memiliki kewajiban untuk tanggung jawab. Lagian, Joya bukan tipe cewek yang disukai abangnya.

Sebagai naskah cerita yang terpilih di kompetisi menulis Belia Writing Marathon (BMW) Batch 2, kisah Modus ini tentunya memiliki sejumlah kelebihan. Kisah dan konflik yang disajikan pada novel Modus ini dinilai sederhana, tetapi cukup kompleks. Kisah ini menyajikan konflik cinta yang tak berbalas, sehingga sangat seru untuk diikuti para pembaca.

Selain kelebihan, novel modus ini juga memiliki kekurangan. Sejumlah pembaca merasakan kurangnya pembangunan chemistry di antara Ghazi dan Joya. Hal ini membuat kesan mereka berdua tiba-tiba saling suka. Selain itu, pemecahan konflik yang ada dalam kisah ini juga terkesan main aman dan mudah saja.

Cocok dibaca oleh remaja remaja, tentang romansa apa itu cinta. dan jangan terlalu gila akan cinta.

Ulasan ini dibuat oleh Syahril Agustian kelas VIII-G SMPN 5 Karawang Barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image