Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kiki Fitriyani

Pesona Surga Tersembunyi di Kepulauan Kei

Wisata | Sunday, 21 Jan 2024, 12:01 WIB
Sumber : Dokumen Pribadi

Tidak ada yang meragukan lagi keindahan pulau di Indonesia Timur, kalau ada yang bertanya pasti banyak yang menjawab Raja Ampat Primadonanya, padahal jika kita menengok ke arah tenggara di sana tak kalah indah dari Raja Ampat, pecahan surga itu adalah Kepulauan Kei yang berada di Maluku Tenggara. Lingkungannya masih bersih dan jauh dari polusi, dari pantai hingga air terjun masih dialiri air yang sangat jernih.

Beberapa waktu lalu, saya bersama teman-teman berkunjung ke Kepulauan Kei yaitu Kota Tual. Dari kota Timika (Papua Tengah) kami menggunakan Kapal Pelni menempuh perjalanan hampir 24 jam untuk sampai ke Kota Tual. Ada beberapa pesona surga yang tersembunyi yang dapat kita nikmati di kota Tual.

Sumber : Dokumen Pribadi

1. Pulau Baer

Pulai Baer atau sering disebut Raja Ampatnya Kota Tual. Destinasi yang cocok untuk para diver yang berada di Daerah Tual. Air disekitar ini begitu jernih dan banyak ikan tropis. Keindahannya makin memukau karena dikelilingi tebing-tebing curam. Bukan hanya keindahan lautnya, Pulau Baer juga menyimpan flora langka seperti bunga anggrek, sayangnya populasinya berkurang karena tangan-tangan jahil wisatawan.

2. Pantai Ngurbloat (Pantai Pasir Panjang)

Pasir putih terhampar di sepanjang pantai. Pasir di Pantai ini dinobatkan sebagai pasir terhalus di dunia oleh National Geographic. Bagaikan bedak tabur putih yang bersih ditambah air laut yang biru menambah keindahan pantai ini. Terrdapat banyak penginapan yang viewnya langsung menghadap pantai.

Sumber : Dokumen Pribadi

3. Pantai Ngurtavur ( Pantai Pasir Timbul)

Pantai ngurtavur yang disebut juga snake island karena bibir pantainya menjulur ke laut sepanjang 2,5 km, jika surut pemandangannya sangat indah, karena pasir akan timbul membentuk dua pinggiran pantai yang cantik. Salah satu keunikan dari pantai ini ada banyak burung pelikan yang bermigrasi dari Australia, dan burung-burung pelikan ini hanya datang ke pantai ngurtafur saja.

4. Goa Hawang

Kepualauan kei tidak hanya menawarkan keindahan pantai, namun juga ada Goa Hawang yang terketak di Desa letfoean. Sebagai salah satu objek wisata alam, Goa Hawang menawarkan keindahan karena dikelilingi oleh hutan. Pesona yang memanjakan mata melalui stalaktit dan stalagmit terbentuk secara alami selama ratusan tahun yang menghiasi atap di dalam Goa ini. Berbeda dengan Goa lain yang umumnya berlantaikan tanah, Goa Hawang memiliki lantai yang sepenuhnya adalah air atau kolam, air yang sangat jernih sehingga kita bisa melihat langsung dasar Goa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image