Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Pentingnya Konsumsi Makanan Sehat Bagi Tubuh

Kuliner | Friday, 19 Jan 2024, 13:43 WIB
Ilustrasi makanan sehat

Kita sebagai manusia pasti sering bertanya-tanya, apa sih manfaatnya dari makanan sehat? Memang wajib untuk dikonsumsi? Mari lihat artikel ini akan menjelaskan.

Memilih makanan yang sehat merupakan sebuah keperluan dan keinginan agar tidak mengalami gejala penyakit yang disebabkan oleh makanan. Hal ini dapat dikatakan bahwa makanan sehat sangat penting bagi tubuh agar dapat beraktivitas dengan baik. Pola makan yang sehat juga membantu menjaga berfungsinya organ tubuh. Banyak pilihan makanan sehat bagi tubuh, berikut akan dibahas selanjutnya.

Makanan Sehat Bergizi serta Bernutrisi Bagi Tubuh

Makanan sehat adalah makanan yang memiliki fungsi untuk menjaga fungsi organ tubuh, dengan kata lain makanan yang sehat pastinya terdapat nutrisi yang baik seperti syarat makanan sehat (4 sehat 5 sempurna), yaitu keseimbangan gizi baik dan makanan yang bersih. Gizi yang seimbang harus memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin yang cukup. Berikut ini dijelaskan syarat untuk mengkonsumsi makan sehat :

1. Protein

Tubuh manusia membutuhkan protein untuk membangun jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang sudah ada. Kebutuhan protein manusia relatif lebih tinggi pada usia muda dibandingkan pada usia dewasa atau tua (Almatsier, S., 2011). Makanan yang berprotein dapat memiliki manfaat positif bagi tubuh, tetapi akan berbahaya jika terlalu banyak mengonsumsi protein bagi orang yang penderita penyakit ginjal. Protein bisa bersumber dari makanan hewani dan juga sayur-sayuran.

2. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah-buahan dibandingkan produk olahan. Untuk mengurangi adanya gula yang berlebihan maka roti tawar, nasi, gula, dan kue kering tidak disarankan untuk dimakan berlebihan, hanya dimakan sewajarnya saja

3. Lemak

Lemak merupakan kandungan yang terdapat pada semua makanan dan minuman. Tidak semua lemak jahat yang dapat merusak dan meningkatkan penyakit tetapi ada lemak baik yang dapat menjaga tubuh. Adanya banyak lemak sehat dalam makanan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kolestrol, dan lain-lain.

4. Vitamin

Vitamin adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan normal, perkembangan, dan fungsi tubuh. Namun, tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitaminnya sendiri atau mengumpulkan cadangan. Maka sebaiknya kita sebagai manusia harus mendapatkan dan mengumpulkan vitamin dari makanan yang memiliki nutrisi ini.

Melakukan Pola Makan yang Sehat

Sesudahnya memahami pola makanan yang sehat dan baik bagi tubuh, maka kita harus memulainya dari sekarang dengan memakan makanan yang bernutrisi. Nutrisi pada tubuh bisa berasal dari berbagai macam jenis makanan, yaitu :

1. Sayur-sayuran

Sayur sangat berkontribusi untuk memasok tubuh manusia dengan nutrisi penting. Makan sayur-sayuran mengurangi risiko penyakit kronis dan dapat membantu pengelolaan berat badan yang seimbang (Agudo, 2005). Sayur-sayuran yang memilki nutrisi baik seperti bayam, wortel, brokoli, buncis, kangkung, sawi, dan sebagainya.

2. Biji-bijian

Biji-bijian juga menjadi kandungan zat gizi yang sangat penting pada tubuh kita. Nutrisi yang didapat dari biji-bijian ialah, protein, lemak, serat dan vitamin yang menjadikannya manfaat kesehatan yang baik. Biji-bijian ini dapat memperbaiki kadar gula darah hingga mengurangi kolestrol.

3. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber utama dari berbagai vitamin, serat, dan juga mineral. Buah-buahan dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan melindungi dari berbagai macam penyakit. Buah-buahan yang dimaksud ialah alpukat, apel, lemon, jeruk, dan sebagainya.

4. Ikan, Daging, dan Telur

Ikan memiliki kandungan protein yang baik dengan dimanfaatkan oleh orang-orang yang mendapatkan kesulitan pencernaan karena ikan sangat mudah dicerna. Selanjutnya daging juga memiliki kandungan yang kaya akan gizi serta sangat baik dikonsumsi sebagai sumber protein yang baik, daging yang dimaksud ialah daging ayam dan daging sapi. Lalu telur juga mengandung banyak aneka zat gizi seperti vitamin A, D, B2, E, dan sebagainya. Telur ini dimanfaatkan untuk membantu perkembangan sel darah merah, pemeliharaan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image